Jembatan Enim III Putus Total









Wabup Muara Enim H Nurul Aman bersama dinas terkait meninjau lokasi jembatan Enim III Putus. (foto-yudi/koransn.com)

Muara Enim, KoranSN

Diperkirakan dalam hitungan belasan detik, Jembatan Enim III terputus yang memisahkan pangkal jembatan dengan ruas jalan aspal yang panjangnya hingga beberapa meter. Amblesnya pangkal jembatan tidak merobohkan jembatan Enim III ke sungai Enim. Peristiwa itu terjadi Kamis (23/2/2017) sekitar pukul 10.10 wib.

Akibat kondisi tersebut, akses transportasi melalui Jembatan Enim III yang berlokasi di Desa Karang Raja Kecamatan Muara Enim sudah dipastikan tidak bisa dilalui lagi. Padahal, jembatan Enim III merupakan jalur alternatif dari arah Tanjung Enim menuju Kota Muara Enim maupun menuju Lahat.

Putusnya Jembatan Enim III disaksikan Babinsa Karang Raja, Koptu Milhendra yang merupakan saksi mata atas peristiwa tersebut. Milhendra yang ditemui sejumlah awak media di lokasi menerangkan, saat itu, dia memang sedang mau melintas untuk memantau kondisi jembatan.

Diakuinya, dari jarak beberapa meter dia menyaksikan langsung detik-detik pangkal jembatan putus yang memisahkan ruas jalan dengan jembatan. “Amblesnya cepat, kalau diperkirakan dalam hitungan sekitar 10 detik,”kata Milhendra.

Tidak lama kemudian, banyak warga yang datang untuk menyaksikan putusnya jembatan tersebut, namun jembatan tidak ikut ambruk. Atas kejadian itu, tidak ada korban jiwa. Di lokasi kejadian tamapk beberapa petugas Sat Lantas Polres Muara Enim yang dipimpin Kasat Lantas Polres Muara Enim AKP Adik Litiyono mengamankan lokasi dan arus lalu lintas dan memasang rambu-rambu dan garis police line disekitar lokasi agar tidak dilalui kendaraan dan warga yang mau melintas.

Baca Juga :   Anggota DPRD Muara Enim Dapil I Turun Ke Desa

Sekitar 30 menit kemudian, Wakil Bupati H Nurul Aman bersama Kapolres Muara Enim AKBP Hendra Gunawan, Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang A Yani Heriyanto, Kadin Perumahan dan Permukiman Ramlan Suryadi, Kasat Pol PP Linmas Riswandar SH, dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Muara Enim (BPBD), M Husin K, lansung meninjau lokasi jembatan Enim III yang putus.

Nurul Aman menanggapi, peristiwa itu terjadi karena akibat bencana alam, pangkal jembatan yang ambles dikarenaka kuatnya terjangan air sungai terlebih lagi curah hujan yang tinggi sejak beberapa hari terakhir ini.

Untuk itu, dia menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mendekati lokasi jembatan, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, dikarenakan akses transportasi tidak bisa melintasi jembatan tersebut.

Baca Juga :   Operasi Ketupat Musi Aman dan Lancar

Sama halnya dikatakan Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang, A Yani Heriyanto, dalam waktu sepekan kedepan sudah ada pemenang lelang untuk tender perbaikan jembatan Enim III.

“Perbaikan Jembatan Enim III sudah dianggarkan sebesar 7 Milyar Tahun 2017 ini, mudah-mudahan, jembatan ini segera dapat diperbaiki sehingga jembatan Enim III dapat dimanfaatkan kembali untuk masyarakat,”terang Yani.

Sementara itu, Kapolres Muara Enim AKBP Hendra Gunawan, dia telah menempatkan personilnya di lokasi untuk mengamankan lokasi disekitar jembatan termasuk menjaga arus lalu lintas. Selain itu, akan dipasang rambu-rambu yang sudah diisi dengan pemberat serta dipasang garis police line. (yud)





Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Hari Kemerdekaan, 18 Napi di Lapas Muara Enim Dibebaskan

Muara Enim, KoranSN 824 warga binaan atau narapidana dan anak yang berkonflik dengan hukum di …