Jepang dan Korut Bertemu Informal, Bahas Kasus Penculikan Masa Lalu



Koizumi juga membuat Korut pertama kali meminta maaf secara resmi atas penculikan yang dilakukan negara itu dan berhasil memulangkan lima korban penculikan pada bulan berikutnya.

Selanjutnya Jepang berupaya mengembalikan 12 korban penculikan yang tersisa.

Namun, Korut bersikukuh bahwa masalah penculikan telah diselesaikan, dan tantangan untuk mengadakan pembicaraan guna menyelesaikan masalah penculikan terlihat semakin meningkat karena adanya perubahan kondisi keamanan regional.

Pada Agustus lalu, Kishida mengonfirmasi pada KTT trilateral bersama Amerika Serikat dan Korea Selatan bahwa ketiganya akan memperkuat kerjasama keamanan, dengan mempertimbangkan pengaruh Korut dan China.

Baca Juga :   Menlu Israel Kunjungi Bahrain, Teken MoU dan Buka Kedubes

Hal itu membuat Korut bersekutu dengan China mengkritik tindakan Jepang yang melepaskan air radioaktif olahan dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) yang rusak ke lautan. Negara itu juga bersekutu dengan Rusia, yang hubungannya dengan Jepang memburuk sejak perang Ukraina. (Antara/Kyodo-OANA/andi)



Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Kolombia Tangguhkan Pembelian Senjata dari Israel

Bogota, Kolombia, KoranSN Kolombia akan menangguhkan “semua pembelian senjata dari Israel”, demikian disampaikan Presiden Gustavo …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!