JK: Ketimpangan di Daerah Juga karena Faktor Sosial Politik





Wakil Presiden Jusuf Kalla. (foto-net/vivanews.com)

Jakarta, KoranSN

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menyebut masalah ketimpangan masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah. JK menilai, pekerjaan rumah pemerintah tersebut seperti ketimpangan infrastruktur di daerah pinggir.

“Bagaimana memajukan daerah di pinggir yang masih timpang. Makanya program pemerintah memajukan daerah tertinggal,” kata JK saat menghadiri acara Indonesia Development Forum (IDF), di Jakarta, Selasa (10/7/2018).

JK menyadari, untuk membereskan persoalan kesenjangan ekonomi butuh waktu panjang. Kata dia, kesenjangan juga punya cakupan luas karena keadilan sosial turut dirasakan masyarakat.

Baca Juga :   Bendung Katulampa Bogor Siaga III

“Ketimpangan bukan hanya disebabkan masalah ekonomi. Tapi, juga sosial, politik. Karenanya berbagai upaya dilakukan untuk mengatasi ketimpangan ini,” kata dia.

Di sisi lain, JK meminta agar kerja mengentaskan kemiskinan perlu dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat. Menurutnya, kepala daerah, tokoh masyarakat, mahasiswa, cendekiawan harus memberi contoh terlebih dahulu.

Ia merasa prihatin, kasus korupsi di daerah terjadi di wilayah yang butuh pembangunan cepat.

“Bahwa itu (kesenjangan) juga harus diatasi dengan kejujuran. Tanpa kejujuran maka kita tidak bisa mengatasi kesenjangan seperti itu,” ujarnya. (vivanews)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Badan Geologi Catat 19 Kali Gempa Guguran Gunung Ruang

Manado, KoranSN Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat sebanyak 19 kali …

error: Content is protected !!