JMSI Dukung Lomba Esai untuk Siswa SMA dan Mahasiswa Tentang Kebijakan Korsel di ASEAN





Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol ketika menghadiri KTT ASEAN 2022 di Phnom Penh, Kamboja, November 2022. (Foto-Istimewa)

Jakarta, KoranSN

Republik Korea atau Korea Selatan menempatkan organisasi negara Asia Tenggara atau ASEAN sebagai salah satu pemain kunci politik global, khususnya dalam menciptakan kawasan Indo-Pasifik yang damai dan sejahtera.

Presiden Yoon Suk-yeol memperkenalkan kebijakan negeri ginseng ketika menghadiri KTT ASEAN-Korea Selatan di Phnom Penh, Kamboja pada 11 November lalu.

Kebijakan baru itu diberi nama Korea-ASEAN Solidarity Initiative, disingkat KASI.

Baca Juga :   Semarang Tuan Rumah Rakernas I JMSI

Dalam penjelasannya, Presiden Yoon menggarisbawahi KASI sebagai inti dari kebijakan luar negeri untuk mempromosikan Indo-Pasifik yang bebas, damai dan sejahtera di tengah persaingan Amerika Serikat dan Republik Rakyat China.

“Saya berencana membangun kawasan Indo-Pasifik yang bebas, damai, dan sejahteran melalui solidaritas dan kerjasama dengan ASEAN dan negara-negara besar lain,” ujar Presiden Yoon yang mulai memimpin Korea Selatan bulan Mei lalu.

Menyambut kebijakan baru Korea Selatan itu, Korean Center of RMOL merasa perlu mengajak kalangan akademik dan masyarakat umum untuk ikut mempelajari dan memahami kebijakan KASI itu. Dengan menggandeng Universitas Pertamina, Korean Center of RMOL akan menggelar webinar bertajuk “Korea-ASEAN Solidarity Initiative: Epicentrum of Peace and Prosperous in the Indo-Pacific”. Kegiatan ini akan diselenggarakan pada 20 Desember mendatang. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Komitmen Kuat Pada Proses Perdamaian di Korea, Jaya Suprana Raih Penghargaan Life Membership





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Teguh Santosa: JMSI Didirikan Untuk Menciptakan Ekosistem Pers Sehat dan Profesional

Rangkasbitung, KoranSN Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) hadir di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!