Job Fair 2017 Ditarget Serap 3075 Pekerja





Walikota Palembang, H Harnojoyo didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Palembang, Edison saat membuka secara remi pelaksanaan Job Fair 2017. (Foto-Reigan/Koransn)

 

Palembang, KoranSN

Pelaksanaan Job Fair 2017 Kota Palembang secara resmi dibuka oleh Walikota (Wako) Palembang, H Harnojoyo bertempat di lantai IV Palembang Square (PS) mall, Rabu (23/4/2017).

Job Fair tahun ini diikuti 40 perusahaan serta pelaksanaannya dilakukan selama tiga hari mulai tanggal 23 sampai 25 Agustus. Selama dilakukannya pameran tersebut, secara keseluruhan para perusahaan total menerima hingga 3075 pekerja.

Walikota Palembang, H Harnojoyo mengatakan, bagi para pencari kerja dipersilakan untuk menyampaikan minatnya kepada perusahaan-perusahaan yang ada di sini, bila perlu melampikan sertifikat serta karya agar menjadi perhatian bagi perusahaan tersebut.

Dari hasil laporan Dinas Tenaga Kerja tadi bahwa ada 40 perusahaan yang ikut dalam pameran kali ini dan yang mendaftar sudah mencapai 2135 dan ini masih terus dibuka hingga tanggal 25 Agustus nanti.

Dilanjutkannya, dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel pada tahun 2016 lalu, tingkat pengangguran di Sumsel ini mencapai 6,5 persen, namun pada bulan april 2017 ini menurun hingga 3,9 persen. Artinya ini suatu hal yang baik dalam kondisi Kota Palembang yang sekarang cukup pesat pembangunannya. Meski demikian, kesempatan bagi para pekerja cukup besar dan mudah-mudahan angka pengangguran di Kota Palembang terus menurun.

Baca Juga :   Tiga Satuan laksanakan Upacara Peringatan HUT Bersama

“Kami lihat antusias masyarakat mencari kerja cukup banyak sekali, mungkin kalau job fair ini dilakukan selama setahun sekali, dari itu kita minta kedepan setahun dua kali diadakan, ini merupakan kesempatan terbukadan pengetahuan baru bagi para pencari kerja maupun perusahaan unutuk mendapatkan tenaga yang profesional,” ungkap Harnojoyo.

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Palembang, Edison menuturkan, dilakukannya job fair tahun 2017 ini merupakan guna proses rekrutmen karyawan dan juga akan dilakukan pelatihan kerja, seperti pelatihan kecantikan, komputer kemudian dilatih membuat kartu pencari kerja. Pameran pasar kerja kali ini diikuti sebanyak 40 perusahaan dengan total menerima karyawan sebanyak 3075 pekerja.

Baca Juga :   Pangdam II/Swj Sambut 450 Personil Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 200/BN

Ia menambahkan, tujuan dilakukannya kegiatan ini tidak lain untuk menekan angka pengangguran serta menyerap tenaga kerja di Kota Palembang. Kemudian menyalurkan sumber daya produktif kepada perusahaan dan memfasilitasi perusahaan yang melakukan rekrutmen agar mendapatkan kandidiat SDM terbaik di Kota Palembang dan terjalinnya kerjasama yang baik antara Dinas Tenagakerja dengan pelaku usaha Kota Palembang.

“Kita menargetkan, peserta pameran sebanyak 40 perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja tersebut dapat membuka lapangan pekerjaan bagi pencari kerja yang baru, lulus dan untuk memperoleh tenaga kerja yang berpengalaman, terampil dan ahli dalam bidangnya. Kemudian kita juga mempersiapkan fasilitas, peserta mendapatkan tes tertulis serta menyiapkan pos kesehatan bagi pencari kerja ini,” tandasnya. (rgn)

Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Kunjungan Pemkot Palembang, Walikota Metro Belajar Soal Mall Pelayanan Publik

Palembang, KoranSN Walikota, Wakil Walikota dan Sekda Kota Metro berkunjung ke Pemerintah Kota Palembang. Kunjungan …