Penyerahan Dokumen Syarat Minimal Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2020
Home / Nasional / Jokowi: Itu Hak Politik

Jokowi: Itu Hak Politik

Presiden Joko Widodo di Uhamka, Jakarta. (foto-net/vivanews.com)

Jakarta, KoranSN

Presiden Joko Widodo mengemukakan menjadi calon legislatif adalah hak seseorang dalam berpolitik. Hal itu dikemukakan Jokowi menanggapi Komisi Pemilihan Umum yang bersikeras memuat larangan mantan napi koruptor menjadi caleg, dalam peraturannya.

“Ya itu hak ya. Itu konstitusi memberikan hak. Tapi silakanlah KPU menelaah. Kalau saya itu hak. Hak seseorang untuk berpolitik,” kata Jokowi di Uhamka, Jakarta, Selasa (29/5/2018).

Meski begitu, ia menambahkan, KPU bisa saja membuat aturan larangan mantan napi menjadi caleg. Ia pun memberikan alternatif lainnya, misalnya mantan napi koruptor boleh menjadi caleg tapi diberi tanda sebagai mantan koruptor.

Baca Juga :   Ungkap Ijazah Palsu PNS, KemenPANRB Minta Bantuan Polisi dan BIN

“KPU bisa saja mungkin membuat aturan. Misalnya boleh ikut tapi diberi tanda mantan koruptor,” kata Jokowi.

Saat ditanya apakah aturan ini perlu ditinjau lagi, ia menyerahkannya kepada KPU. “Itu ruangnya KPU. Wilayahnya KPU,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak peduli dengan penolakan aturan larangan mantan terpidana korupsi maju sebagai calon legislator. Penolakan disuarakan sejumlah fraksi di DPR, pemerintah, hingga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Komisioner KPU Wahyu Setiawan menyatakan, pihaknya akan tetap membuat aturan itu dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). Ia menegaskan, PKPU tersebut tengah disusun dan akan diserahkan kepada Kementerian Hukum dan HAM. (viva.co.id)

Baca Juga :   Fayakhun Dituntut 10 Tahun Penjara

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Wapres: Pemerintah Berkomitmen Selesaikan Pelanggaran HAM Masa Lalu

Jakarta, KoranSN Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan Pemerintah tetap berkomitmen untuk mencari solusi terbaik untuk …