Jokowi Tekankan Caleg dan Relawan Kampanye Door to Door

Kedatangan Jokowi bersama Herman Deru disambut ribuan pendukung di gedung The Sultan Palembang, Minggu (25/11/2018). (Foto- Ferdinand/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Calon Presiden nomor urut 1, Joko widodo (Jokowi) menekankan Caleg partai koalisi, relawan dan tim pemenangan untuk melakukan kampanye door to door. Menurutnya, saat ini, tidak zamannya lagi kampanye hanya dengan mengandalkan baliho atau alat kampanye lainnya.

“Sekarang ini, kita tidak bisa lagi kampanye hanya pasang baliho, pengaruhnya sangat kecil sekali,” ungkap Jokowi, usai mengukuhkan pengurus Tim Kampanye Daerah (TKD) Koalisi Indonesia Kerja (KIK) Sumsel sekaligus memberikan pembekalan kepada Caleg partai koalisi, bertempat di gedung The Sultan Convention Center, Minggu (25/11/2018).

Jokowi menceritakan, di tahun 2004, saat ia memutuskan maju pada pemilihan Walikota Solo, tidak ada satupun orang yang yakin ia akan memenangkan pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Namun, di saat semua calon masih menggunakan kampanye konvensional, ia memutuskan berbeda, dengan kampanye door to door, mendatangi langsung masyarakat dari rumah ke rumah.

“Di tahun itu, tidak ada yang kenal Jokowi. Saat itu, saya door to door dari pagi sampai malam mengenalkan visi misi dan program. Hasilnya, pada Pilkada pertama saya menang tipis dengan meraih 37 persen, tapi kemudian pada Pilkada kedua, saya menang 61 persen suara,” beber Jokowi.

Baca Juga :   Incumbent Terkaya, Qomaruszaman Terendah

Cerita yang sama, saat ia memutuskan maju pada Pilgub DKI Jakarta tahun 2012. “Saat itu, tak ada yang kenal Jokowi, namun saya tetap lakukan door to door dari pagi sampe malam. Jadi, saat ini jangan bergantung pada baliho, memang itu perlu, tapi yang lebih penting itu dari pintu ke pintu, menjelaskan apa yang sudah kita lakukan ke masyarakat,” ujar Jokowi.

Di Pilpres 2019 mendatang, Jokowi mengakui, berdasarkan hasil survei di Sumsel, perolehan suaranya masih kalah dari pasangan Prabowo-Sandi.

“Survei terakhir di Sumsel, baru di angka 37 persen. Tidak apa-apa, saya melihat dengan kita berkumpul disini akan ada perubahan, nanti saya akan mensurvei lagi di bulan Desember, dan saya yakin perolehannya diatas 50 persen suara,” beber Jokowi.

Jokowi optimis target itu bisa tercapai, mengingat banyak tokoh Sumsel yang memberikan dukungan, bahkan menjadi tim kampanye daerah (TKD).

“Saya titip, saya optimis, apalagi di Sumsel sudah bergabung dengan saya, Pak Alex (Noerdin), Pak Herman Deru dan Pak Syahrial Oesman, di TKN ada Erick Tohir dan juga Lukman Edy,” ujarnya.

Baca Juga :   Wagub Mawardi Pastikan Pandangan Fraksi DPRD Sumsel Akan Dijadikan Acuan Peningkatan Kinerja Jajaran

Selain memberi pembekalan Caleg partai koalisi, sebagai kepala negara, Jokowi juga berkegiatan lainnya, mulai dari menghadiri pemberian gelar adat Komering di Griya Agung Palembang, kemudian silaturahmi dengan perangkat desa di PSCC, dan menyerahkan SK Hutan Sosial di Hutan Wisata Puntikayu.

Sementara itu, Ketua TKD Sumsel Jokowi-Ma’ruf, Syahrial Oesman optimis mampu memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf di Sumsel.

“Mungkin survei Bapak (Jokowi) kalah disini, tapi kami yakin mampu memenangkan,” kata Syahrial.

Target itu kata Syahrial, sudah melalui perhitungan yang matang, dengan kekuatan Caleg, relawan dan infrastruktur partai koalisi yang ada di Sumsel.

“Kami yakin mewujudkan itu (menang), dengan strategi yang kami terapkan. Caleg menangkan dirimu, dan menangkan Jokowi,” pungkasnya. (awj)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Herman Deru Percepat Pembangunan Masjid Raya Sriwijaya

Palembang, KoranSN Setelah sekian lama mangkrak lantaran adanya sejumlah kendala, pembangunan Masjid Raya Sriwijaya yang …