Jubir Pemerintah: 89 Laboratorium Aktif Periksa COVID-19





Seorang staf mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap berada di laboratorium yang akan digunakan untuk tempat pemeriksaan COVID-19 kantor Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. (foto-antaranews)

Jakarta, KoranSN

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto mengatakan, sudah ada 89 laboratorium yang aktif melakukan pemeriksaan COVID-19 yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Sebanyak 48 di antaranya merupakan laboratorium yang tersebar di rumah sakit-rumah sakit di Indonesia,” kata Yurianto dalam jumpa pers di Graha BNPB Jakarta yang disiarkan langsung akun Youtube BNPB Indonesia, Rabu (29/4/2020).

Baca Juga :   Layanan Kesehatan Digital Tekan Risiko Penularan COVID-19

Selain laboratorium-laboratorium yang ada di sejumlah rumah sakit, sebanyak 15 laboratorium milik perguruan tinggi di seluruh Indonesia juga telah aktif melakukan pemeriksaan sampel terkait COVID-19.

Sedangkan 18 laboratorium adalah jejaring laboratorium yang ada di bawah Kementerian Kesehatan, dan lima laboratorium lainnya adalah jejaring laboratorium kesehatan di daerah.

“Kemudian, tiga laboratorium berada di bawah balai veteriner di bawah Direktorat Peternakan,” paparnya.

Hingga Rabu pukul 12.00 WIB, jumlah spesimen terkait COVID-19 yang diperiksa mencapai 86.985 spesimen yang berasal dari 67.784 orang dengan hasil 9.771 kasus positif dan 58.013 kasus negatif.

Baca Juga :   BPJS Kesehatan Dorong Penerapan Digitalisasi Layanan Kesehatan

Konfirmasi positif COVID-19 yang berhasil sembuh mencapai 1.398 orang, sedangkan yang meninggal mencapai 784 orang.

DKI Jakarta masih menjadi provinsi dengan jumlah kasus positif, sembuh, dan meninggal terbanyak, yaitu 4.092 kasus positif, 440 orang sembuh, dan 370 orang meninggal. (Antara/ded)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Jubir: Proses Hukum Berjalan Terkait WNI Langgar Aturan Karantina

Jakarta, KoranSN Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan proses hukum sedang berjalan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.