K-MAKI Sumsel: Atasan dari Dua Terpidana Dugaan Korupsi Sertifikat Tanah PTSL 2019 Mesti Diproses!





Deputi K-MAKI Ir Feri Kurniawan. (Foto-Istimewa)

Palembang, KoranSN

Deputi Komunitas Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (K-MAKI) Sumsel, Ir Feri Kurniawan, Sabtu (13/4/2024) mengatakan, atasan dari dua terpidana dalam perkara dugaan kasus korupsi gratifikasi penerbitan sertifikat tanah Program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) BPN Palembang Tahun 2019 mesti diproses oleh kejaksaan.

Adapun dua terpidana yang telah divonis dalam perkara ini, yakni Ahmad Zairil yang saat dugaan kasus tersebut terjadi menjabat Kasi Hubungan Hukum BPN Palembang yang juga Ketua Panitia Adjudifikasi PTSL 2019, dan Joke mantan Kasi Penataan dan Pemberdayaan di BPN Kota Palembang yang tahun 2019 menjabat Kasubsi Penetapan Hak Tanah BPN Palembang serta Wakil Ketua Tim 2 Bidang Hubungan Hukum atau Yuridis BPN Palembang.

“Atasan dari kedua terpidana tersebut diduga menyetujui pembuatan sertifikat tanah melalui Program PTSL 2019 yang peruntukannya bukan untuk masyarakat tidak mampu. Dari itulah atasan kedua terpidana yang saat ini belum diproses mesti diproses oleh kejaksaan. Sebab atasan tersebutlah yang memiliki kebajikan dan diduga menyetujui penerbitan sertifikat tanah PTSL 2019. Sementara untuk dua terpidana hanyalah sebatas pelaksana saja,” tegas Feri.

Masih dikatakan Feri, jika dalam dugaan kasus korupsi tersebut ada potensi dugaan kerugian negara yang diduga terjadi.

Baca Juga :   Melawan Saat Ditangkap, 17 Tersangka di Sumsel Ditembak Mati

“Jadi bukan lagi soal gratifikasinya, tapi ini ada potensi dugaan kerugian negara dari subsidi biaya pengukuran, dari subsidi BPHTB dan dari subsidi biaya pembuatan sertifikat tanah. Dimana penghitungan pemberian subsidi ini dilakukan berdasarkan dari luas tanahnya, dikarenakan tanah dalam Program PTSL 2019 ini luas, makanya potensi dugaan kerugian negara yang diduga terjadi sekitar Rp 1,4 miliar hingga Rp 3 miliar,” jelasnya. HALAMAN SELANJUTNYA>>







Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Mark-up Harga Barang Proyek Modus Dugaan Korupsi Jargas Kota Palembang

Palembang, KoranSN Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Sunarto, Senin (20/5/2024) mengungkap modus dugaan korupsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!