Kadin: Digitalisasi Tingkatkan Daya Saing Usaha di Masa Transisi COVID





Dalam kesempatan terpisah, peneliti ekonomi Dandy Rafitrandi dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS) mengatakan bahwa beberapa keuntungan dari tren digitalisasi dan otomatisasi pada masa pandemi adalah meningkatkan efisiensi usaha, memperluas akses dan informasi pasar serta meningkatkan kualitas dan inovasi produk.

“Dengan menggunakan teknologi, alokasi bahan baku dan sumber daya lainnya menjadi lebih tepat dan terencana. Dalam hal penjualan misalnya penggunaan platform e-commerce tidak hanya memberikan akses pasar yang lebih mudah dan luas tapi juga data-data yang terkait dengan informasi pasar yang dapat digunakan oleh usaha untuk menentukan keputusan bisnis,” kata Dandy saat dihubungi.

Baca Juga :   SIMPLY Menghemat Listrik

Namun yang harus digarisbawahi perusahaan memerlukan kapasitas dan investasi yang tidak sedikit untuk dapat melakukan digitalisasi contohnya investasi modal (misalnya infrastruktur) dan juga sumber daya manusia. Kedua hal ini menjadi faktor penting bagi proses digitalisasi usaha. (Antara/andi)





Bagikan :

Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Dukung Pemulihan Ekonomi, PLN Jalankan Arahan Presiden Siapkan Pasokan Listrik untuk Hilirisasi Industri

Jakarta, KoranSN PT PLN (Persero) siap menjalankan arahan Presiden Joko Widodo untuk mendukung pemanfaatan potensi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!