Kalbar Berorientasi Swasembada dengan Teknologi dan Intensifikasi



Mentan RI yang didampingi Wakil Gubernur Kalbar saat panen padi dengan menggunakan combine harvester. (Foto-Antara)

Pontianak, KoranSN

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalbar, Florentinus Anum mengatakan bahwa arah pembangunan pertanian Kalbar saat sudah berorientasi swasembada pangan dengan berorientasi pada pemanfaatan teknologi dan intensifikasi.

“Saat kita harus menuju pertanian modern. Di industri 4.0 itu jembatan yang akan dilewati yakitu teknologi. Sehingga pertanian yang ke depannya itu adalah betul-betul pertanian yang modern. Supaya kita tidak terlalu gamang, teknologi pertanian itu sebenarnya bukanlah yang kita bayangkan teknologi tinggi, ini juga perlu kita tanamkan di pikiran kita,” ujarnya di Pontianak, Jumat (8/10/2021).

Baca Juga :   Bupati Bangka Apresiasi PT Timah Gelar Vaksinasi COVID-19 Massal

Florentinus Anum juga mengatakan bahwa teknologi bukan hanya bisa digunakan oleh sarjana, S2 atau profesor, tetapi petani yang tamat SD pun juga bisa menggunakannya.

“Untuk itu maka perlu menjadi masukan kami supaya menjadi masukan kami agar stakeholder yang ada di pertanian Indonesia ini baik di Kalbar maupun di Indonesia tidak terlalu menjadi momok. Kita santau saja, ayo kita wajibkan teknologi masuk di dunia pertanian,” ucapnya. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Kabupaten Bintan Ditargetkan Jadi Surga Tanaman Sorgum

Bintan, KoranSN Plt Bupati Kabupaten Bintan, Kepri, Roby Kurniawan menargetkan daerah itu menjadi sentra atau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.