Kalbe Farma Dorong Guru dan Siswa Cinta Sains

Marpaung praktisi sains dan penulis buku saat memberikan Pelatihan sains bagi 100 guru sains di Palembang, kegiatan yang diselenggarakan oleh PT Kalbe Farma ini bertempat di Fave Hotel Palembang, Kamis (6/4/2017). (foto-ferdinand/koransn.com)

Palembang, KoranSN

PT Kalbe Farma  melalui kegiatan Kompetisi Sains Kalbe Junior Scientist Award (KJSA) 2017 mendorong guru dan siswa untuk mencintai sains. KJSA merupakan kompetisi sains anak nasional yang memberikan penghargaan kepada karya sains terbaik di Indonesia untuk siswa-siswa tingkat sekolah dasar dan menengah. Hal tersebut dikatakan Kepala Komunikasi External PT Kalbe Farma Tbk, Hari Nugroho, Kamis (6/4/2017).

“Kompetisi ini sudah berlangsung sejak 2011 lalu merupakan karya yang dihasilkan dari ide kreatif yang datang dari kehidupan sehari-hari.Ide yang diangkat untuk kompetisi ini dari masalah yang memang mereka hadapi sehari-hari,”ujarnya.

Palembang dikatakannya, menjadi salah satu kota yang diharapkan mampu menghasilkan karya sains karena dari pengalaman yang lalu mampu menjadi finalis dan potensinya ditahun ini masih sangat besar. Pelatihan di Palembang diikuti guru dari 80 Sekolah Dasar (SD).

Baca Juga :   RUPS BSB Sepakat Bagi Deviden 50 %

Dalam kegiatan tersebut menurutnya, guru berperan untuk mendampingi dan mencetuskan ide kepada anak didik  sehingga peserta didiknya terutama kelas 4-7 berkesempatan mengirimkan karya sains hingga 31 Juli mendatang. Selanjutnya akan ada 18 finalis yang menjadi pemenang, 9 terbaik akan mendapatkan hadiah berupa uang Rp 10 juta dan sembilan lainnya senilai Rp 5 juta,” jelasnya sembari mengatakan, untuk guru pendamping akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 3 juta, karya science bisa terdiri dari satu tim yang berjumlah 2 orang, bahkan satu tim bisa mengirimkan 2 karya sains berbeda.

Dikatakannya, animo peserta tiap tahunnya meningkat, terbukti dengan jumlah karya yang masuk bertambah setiap tahun. Di 2016 diikuti 917 karya dari 358 sekolah di 22 provinsi lebih banyak dibandingkan 2015 dengan 811 karya.

Untuk kriteria penilaian yang digunakan dikatakannya, dari isi keaslian ide, latar belakang permasalahan, solusi yang diberikan, inovasi dan manfaat dari hasil karya bagi lingkungan sekitar dan masyarakat. Seluruh finalis beserta pembimbing akan diundang ke Jakarta pada 4-8 September mendatang untuk mengunjungi pabrik Kalbe dan mempresentasikan di depan dewan Juri.

Baca Juga :   Nikmati "Pangan Aman" di Wyndham Hotel

Ditambahkannya, PT Kalbe Farma Tbk merupakan salah satu perusahaan farmasi terbuka terbesar di Asia Tenggara memiliki empat devisi utama yaitu devisi obat resep,nutrisi, minuman kesehatan dan devisi distribusi. (ima)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

IndonesiaNEXT Season 5 di Sumatera

Palembang, KoranSN Telkomsel #TerusBergerakMaju mendorong generasi muda Indonesia untuk mengembangkan kompetensi dan meningkatkan daya saing …