Kanker Kolorektal Bisa Merusak Hati

Ilustrasi. (foto-net)

Jakarta, KoranSN

Mungkin kata kanker kolorektal sedikit asing di telinga masyarakat. Kanker Kolorektal merupakan salah satu jenis kanker yang tumbuh pada usus besar (kolon) atau rektum.

Menurut GLOBOCAN 2018, kasus Kanker Kolorektal di Indonesia saat ini menempati urutan keempat setelah kanker payudara, serviks dan paru.

Menurut Dokter Spesialis Bedah dan Ahli Kanker Saluran Cerna (Digestive), Rumah Sakit Kanker Dharmais, Dr. Fajar Firsyada, Sp.B-KBD menjelaskan bahwa banyak pasien yang datang sudah berada di stadium lanjut.

“80 persen datang saat sudah stadium tiga dan empat,” katanya.

Baca Juga :   Ternyata Ini Fantasi Seks Terliar Tiap Zodiak

Dia melanjutkan, kanker ini pun juga menjadi masalah kesehatan yang serius di Indonesia. Lantaran, kata dia, kanker usus besar ini bisa menyerang organ dalam tubuh.

“50-60 persen terjadi penyebaran organ yang paling sering kena di hati. Parahnya jika organ hati sudah kena dan tidak tertolong, hati mereka bisa dibuang,” jelas Fajar.

Dia menyebut, faktor utama terjadinya kanker ini adalah faktor gaya hidup. Pola makan yang buruk di mana makanan dan minuman yang masuk ke usus besar mengandung karsinogenik.

“20 persen itu faktor keturunan, selebihnya gaya hidup, pola makan, ditambah lagi dengan obesitas faktor risiko kurang gerak,” jelas dia.

Baca Juga :   Pasien RSD Wisma Atlet Sembuh COVID 10.387 Orang

Fajar menjelaskan, bahwa beberapa makanan yang dapat memicu risiko kanker usus besar antara lain daging merah, makanan daging olahan, makanan yang diawetkan dan makanan yang dibakar. (ase/viva.co.id)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Studi Terbaru Ungkap Donor Plasma Kurang Efektif Obati COVID-19

Jakarta, KoranSN Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa pasien COVID-19 yang menerima plasma dari pasien yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.