Kantor Sat Reskrim Polres Ogan Ilir Terbakar

Kantor Sat Reskrim Polres Ogan Ilir ketika terbakar. (foto-herman/koransn)

Ogan Ilir, KoranSN

Kantor Satuan Reserse Kriminal Umum (Sat Reskrim) Polres Ogan Ilir (OI), Senin (17/2/2020) pukul 07.00 WIB terbakar. Kebakaran yang diduga disebabkan korsleting listrik ini mengakibatkan tiga ruangan yang ada di kantor tersebut yakni ruang Reskrim, Binmas dan logistik rata dengan tanah usai diamuk ‘si jago merah’.

Kebakaran tersebut terjadi disaat anggota Polres Ogan Ilir sedang mengikuti apel upacara rutin sehingga sempat menghebohkan seluruh anggota kepolisian yang ada di lokasi. Tidak ada korban jiwa dari kejadian ini, namun bangunan Kantor Sat Reskrim beserta surat pemberkasan hangus terbakar api.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, asal api bermula dari ruang logistik lalu menjalar ke ruang Reskrim dan Binmas hingga dalam hitungan menit api berkobar dan mengepulkan asap hitam.

Melihat kobaran api yang menyala, membuat semua anggota Polres Ogan Ilir bergegas belarian menuju lokasi kebakaran yang berjarak sekitar 50 meter dati lapangan apel upacara. Tanpa dikomandoi lagi, para anggota bergotong royong memadamkan api dengan dibantu mobil water canon dan mobil pemadam kebakaran Pemkab Ogan Ilir. Satu jam kemudian akhirnya api berhasil dipadamkan.

Kapolres Ogan Ilir, AKBP Imam Tarmudi membenarkan adanya kebakaran yang terjadi di Gedung Kantor Sat Reskrim. Namun saat kejadian dirinya tidak berada di tempat kejadian.

Baca Juga :   Penyelidikan Dugaan Korupsi Lahan Kuburan OKU Kembali dari Awal

“Saya sedang rapat di Polda Sumsel, sekitar pukul 07.20 WIB dikabari Ibu Wakapolres jika telah terjadi kebakaran. Saya langsung balik,” ujar Kapolres.

Menurutnya, kebakaran tersebut terjadi diduga akibat korsleting listrik di dalam bangunan.

“Tapi saat ini Tim Labfor sedang mendalami penyebab kebakaran tersebut,” terangnya.

Dijelaskannya, belum diketahui berapa kerugian yang dialami oleh Polres Ogan Ilir atas kejadian ini. Sebab, usai api dipadamkan pihaknya masih sibuk bekerja membereskan puing-puing akibat kebakaran tersebut.

“Kami masih membereskan puing-puing, jadi belum tahu total kerugian yang kita alami,” ujarnya.

Lanjut Kapolres, kendati ada kejadian itu namun pelayanan kepada masyarakat tetap dioptimalkan. Sedangkan terhadap kantor yang terbakar nantinya akan direlokasikan ke tempat lainnya, seperti di ruang Sat Lantas.

Selain itu saat kebakaran terjadi pihaknya juga dapat menyalamatkan barang bukti, terutama untuk tindak pidana umum.

“Karena ruang pidana umum tidak ikut terbakar, sehingga berkas dan barang buktinya bisa selamat,” tandas Kapolres.

Sementara itu, Bupati Ogan Ilir, Ilyas Panji Alam yang mendapatkan informasi adanya kebakaran di Polres Ogan Ilir langsung datang meninjau ke lokasi. Dalam kesempatan tersebut bupati berjanji akan segera membangun satu blok perkantoran Sat Reskrim Polres Ogan ilir secepat mungkin.

Baca Juga :   Mayat Misterius di Depan Ruko Gemparkan Warga Sukarami

“Menurut informasi sementara ini dari arus pendek. Saat ini lagi diteliti, diperiksa dari Tim Labfor untuk memastikan penyebab kebakaran tersebut,” ucap bupati.

Dilanjutkannya, mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama ruangan yang terbakar akan segera dibangun kembali.

“Insya Allah, Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir akan membantu merehab dan membangun ulang bangunan tersebut. Sehingga bapak-bapak kepolisian Polres Ogan Ilir bisa kembali bekerja melayani masyarakat,” ujarnya.

Lebih jauh diungkapkannya, pembangunan akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Dimana untuk anggaran pembangunannya nanti akan dihitung oleh Dinas PU Perkim.

“Sedangkan untuk armada pemadam kebakaran, untuk saat ini cukup dengan dua unit Damkar saja bisa memadamkan api, dan juga ada satu unit bantuan dari BPBD OI. Jadi, total tiga unit cukup sementara ini,” tandas bupati. (man)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Polisi Pindahkan Tersangka Pembakar Mobil Via Vallen

Sidoarjo, KoranSN Petugas Kepolisian Resor Kota Sidoarjo, Jawa Timur, memindahkan tersangka pembakaran mobil penyanyi Maulidyah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.