Kapal Feri Berpenumpang 37 Orang Karam di Perairan Tanjung Api-Api



Kapal Feri merek Kahyong Utara saat tenggelam di kawasan perairan Tanjung Api-Api. (Foto-foto/Basarnas Palembang)

Palembang, KoranSN

Kapal Feri merek Kahyong Utara dengan jumlah penumpang 37 orang, yang terdiri dari; 29 orang penumpang umum dan 8 orang Anak Buah Kapal (ABK), Selasa pagi (20/2/2018) karam di kawasan perairan Tanjung Api-Api Kabupaten Banyuasin.

Atas kejadian tersebut 1 orang ABK atas nama Hanafi (20), dinyatakan hilang dan kini masih dalam pencarian oleh petugas Basarnas Palembang. Sementara untuk penumpang dan ABK lainnya selamat.

Informasi yang dihimpun, kejadian ini bermula saat Kapal Feri merek Kahyong Utara berangkat dari Bangka dengan membawa para penumpang serta sejumlah kendaraan diantaranya; truk, mobil pribadi dan sepeda motor hendak menuju Pelabuhan Tanjung Api-Api. Namun diperjalanan atau sekitar 3 mil dari Pelabuhan Tanjung Api-Api, tiba-tiba kapal tersebut miring lalu terbalik dan tenggelam.

Baca Juga :   Pemuda Mabuk Gasak Warung Manisan

Kepala Basarnas Palembang, Toto Mulyono mengatakan, usai kejadian petugas Basarnas Palembang yang mendapati informasi kejadian tersebut langsung mendatangi lokasi kejadian dan menolong para korban. Dari 37 penumpang kapal, 1 orang dinyatakan hilang dan masih dalam pencarian.

Suasana Kapal Feri merek Kahyong Utara yang karam.

“Yang hilang tersebut yakni ABK Kapal Kahyong Utara, dan kini petugas Basarnas Palembang masih melakukan pencarian korban,” kata Toto.

Diungkapkannya, tenggelamnya Kapal Feri merek Kahyong Utara diduga saat kapal tersebut memasuki perairan Tanjung Api-Api, kapal salah dalam memilih jalur dengan melintasi perairan yang dangkal hingga mengakibatkan kapal miring lalu terbalik dan tenggelam.

Baca Juga :   KPK Tangkap Wali Kota Cimahi Terkait Proyek Rumah Sakit

“Jadi, kapal itu tenggelam kemungkinan salah dalam mengambil jalur sehingga melintasi perairan yang dangkal,” ujarnya.

Sementara Kasubsi Operasi dan Siaga Kantor Basarnas Palembang, Inarwan menambahkan, hingga saat ini pihaknya masih melakukan pencarian satu ABK yang hilang di sekitaran lokasi tenggelamnya kapal.

“Kami masih terus melakukan penyisiran dan pencarian terhadap satu orang korban yang hilang tersebut. Sementara untuk penumpang dan ABK lainnya dinyatakan selamat,” tandasnya.

Terpisah, Direktur Polair Polda Sumsel, Kombes Pol Robinson Seregar membenarkan jika Kapal Feri merek Kahyong Utara tenggelam di perairan Tanjung Api-Api. Namun saat ini dirinya belum mengetahui penyebab pasti tenggelamnya kapal, karena terlebih dahulu pihaknya akan melakukan penyelidikan.

“Untuk penyebabnya nanti, karena kita akan lakukan pemeriksaan dulu,” tandasnya. (ded)

Petugas Basarnas Palembang saat melakukan pencarian terhadap satu ABK yang hilang.






Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Penyidikan Dugaan Korupsi Aktivitas Tambang Batu Bara Terus Didalami Kejati Sumsel

Palembang, KoranSN Tim Jaksa Penyidik Bidang Tindak Pidana Khusus Kejati Sumsel terus mendalami proses penyidikan …

error: Content is protected !!