Kapal Perang Malaysia Masuk Ambalat, BIN: Kedaulatan Negara Tak Bisa Ditawar

Marciano-Norman

Jakarta – Kapal perang Malaysia diketahui memasuki wilayah Ambalat yang merupakan wilayah dari Indonesia. Kepala BIN Marciano Norman berharap‎ RI-Malaysia bisa sama-sama saling menghormati.

“Jadi itu harus jadi prinsip bagi keduanya, kedaulatan negara tidak bisa ditawar-tawar, mari kita sama-sama menghormati,” ujar Marciano di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/6/2015).

Marciano mengapresiasi petinggi tentara kedua negara tidak terprovokasi dalam mengatasi kasus tersebut. Menurutnya juga tidak perlu unjuk kekuatan militer yang nantinya akan merugikan kedua negara.

‎”Saya rasa benar apabila dua-duanya tidak terlalu provokatif mengeluarkan unjuk kekuatan di daerah itu, karena itu merugikan kedua negara,” tuturnya.

Baca Juga :   Tiga PNS Pemprov Sumsel Jadi Saksi Wisma Atlet

“Oleh karenanya, saya mengharapkan pengelolaan Ambalat dikelola secara proporsional kemudian Kemenlu yang melakukan diplomasi-diplomasi, tentang masalah ini. Saya harapkan dua-duanya harus mencari solusi terbaik. Ingat, kita sama-sama negara ASEAN, kita negara bertetangga, negara tetangga itu masalahnya banyak, potensi konflik banyak, kalau tidak dikelola dengan baik kita bisa ribut terus. WNI juga banyak di Malaysia tetapi kedaulatan itu hal yang tidak bisa ditawar,” papar Marciano.

Operasi Perisai Sakti 2015 merupakan operasi gabungan dari TNI AL dan TNI AU untuk mengamankan perairan Ambalat atas perintah Panglima TNI. Tak hanya kapal perang negara tetangga yang melanggar perbatasan, pada operasi tersebut ditemukan 9 kali pelanggaran pesawat yang dilakukan oleh pesawat asing selama periode Januari hingga Mei tahun ini.

(mpr/imk)

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Kejar Jambret Bripka Reza Diamuk Warga

Palembang, KoranSN Bripka Reza anggota Opsnal Unit Ranmor Satreskrim Polrestabes Palembang, Kamis (24/9/2020) pukul 13.00 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.