Kapan Kita Sebaiknya Melakukan “Self Care” Untuk Cegah Stres?



Psikolog klinis dewasa Tiara Puspita dalam acara Shopee 12.12 Birthday Sale di Jakarta, Rabu (6/12/2023) (Foto-Antara)

Jakarta, KoranSN

Psikolog klinis dewasa lulusan Universitas Indonesia Tiara Puspita mengatakan self care atau rutinitas merawat diri untuk menjaga keseimbangan emosional harus dilakukan secara sadar dan tahu kapan untuk mengatur waktu sesuai kebutuhan.

“Self care adalah aktivitas atau kegiatan yang dilakukan secara sadar dan ada intensi untuk merawat diri dan menjaga keseimbangan untuk me-’recharge’ diri, kita harus tahu kapan memprioritaskan waktu dan tidak terlalu maksa,” kata Tiara dalam acara Media Gathering Shopee 12.12 birthday sale dengan tema Menyikapi Asa dan Rasa Bahagia Melalui “Self-Care” di Jakarta, Rabu (6/12/2023).

Baca Juga :   Honda Catat Pertumbuhan Penjualan 7 Persen Dari Januari Hingga Oktober

Ia mengatakan self care harus dilakukan secara sadar dan di tengah waktu yang dipunyai, namun tidak memaksakan diri melakukannya setiap hari. Semakin banyak aktivitas dan pekerjaan, maka semakin minim waktu dimiliki untuk melakukan perawatan diri yang “mindfulness”, maka itu perawatan diri yang singkat namun intens bisa menjadi cara meredakan stres.

Membagi waktu seperti meluangkan 10 menit untuk latihan pernapasan, berjalan dengan memperhatikan sekitar, dan bersyukur atas apa yang terjadi hari ini bisa menjadi cara untuk menjaga kesehatan emosional dan mental. Cara lain juga bisa dilakukan seperti berolahraga dan makan makanan bergizi dan tidur teratur.HALAMAN SELANJUTNYA>>

Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Suzuki Jual 1.200 Mobil Selama IIMS 2024

Jakarta, KoranSN PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selama 11 hari pelaksanaan Indonesia International Motor Show …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!