Kawasan Bandara Bakal Dibangun Superblok

Jalan menuju Bandara SMB II (foto/net)
Jalan menuju Bandara SMB II (foto/net)

Palembang, SN

Menjelang Asian Games 2018 mendatang, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) khususnya Kota Palembang kembali menjadi incaran investor untuk menanamkan investasi, salah satunya PT Bumi Sriwijaya yang berencana untuk membangun kawasan bandara menjadi Superblok.

“Kami berencana akan membangun superblok yang terdiri dari perkantoran, mall, food and baverage,  hotel berbintang 5 dan resort dikawasan bandara ini,” kata Pangki Suwito mewakili Fino selaku Owner PT Bumi
Sriwijaya, usai melakukan pemaparan pembangunan resort dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, Kamis
(12/11).

Dijelaskannya, saat ini pihaknya telah menyiapkan lahan seluas 4,7 hektar untuk pembangunan tersebut, namun jika nantinya kurang, pihaknya akan melakukan ekspansi untuk pembangunan super blok tersebut.

“Superblok ini sifatnya perusahaan, namun kami tidak menutup kemungkinan jika pemerintah daerah ingin bekerjasama untuk menyediakan lahan,” terangnya.

Sejauh ini, lanjut Pangki, pihaknya telah melakukan beberapa pembangunan hotel dan resort di beberapa daerah, seperti di Bali, di Jakarta dan beberapa daerah lainnya. Sedangkan untuk pembangunan superblok di Kota Palembang ini baru pertama kali dilakukan oleh pihaknya.

Baca Juga :   Mei, Sensus Ekonomi Dilakukan

“Kebetulan owner dari PT Bumi Sriwijaya ini berasal dari Bangka dan pernah bersekolah di Palembang karena itu beliau tertarik ingin berinvestasi di Kota Palembang, sedangkan saya selaku owner untuk food and baverage,” terangnya.

Untuk nilai investasi sendiri, dirinya mengaku belum mengetahui besarannya. Selain di kawasan Bandara SMB II, Walikota Palembang juga menyarankan untuk membangun di pinggiran Sungai Musi. “Saran walikota ini kami terima, namun kami masih mencari tahu terlebih dahulu legalitas dari lahan tersebut,” ujar artis ternama ini.

Pihaknya berharap nantinya legalitas lahan tersebut jelas serta setiap perizinan dapat dilakukan lebih cepat, sehingga pembangunan dapat dilakukan sesegera mungkin. “Mudah-mudahan sebelum 2018 mendatang kawasan Superblok ini selesai dibangun,” harapnya.

Sementara itu, staf ahli walikota Palembang bidang Ekonomi, Investasi dan Pembangunan, Sudirman Tegoeh yang menghadiri paparan tersebut mengatakan, saat ini investasi tersebut masih dalam tahap penjajakan.  Namun memang pihak perusahaan telah menyiapkan lahan sekitar 5,5 hektar.

Baca Juga :   Arief Kadarsyah Jabat Dirut PDPDE

“Meskipun mereka sudah menyiapkan lahan, namun kawasan tersebut termasuk range satu sehingga harus dikaji terlebih dahulu apakah layak untuk dibangun atau tidak,” ujarnya.

Untuk itu, pihak Pemkot Palembang dan Pemprov Sumsel serta pihak perusahaan akan mengecek langsung lokasi.

“Nantinya dari Pemkot Palembang akan menurunkan tim diantaranya staf ahli, tata kota dan beberapa lainnya, sedangkan untuk pemprov sendiri akan menurunkan pihak yg terkait seperti Dishub. Selain itu juga pihak angkasa pura akan diajak untuk mengecek lokasi ini,” katanya.

Jika memang tidak ada masalah untuk dibangun, maka pihak perusahaan akan melanjutkannya ke urusan administrasi. Selain lokasi di kawasan Bandara, pihak perusahaan juga melirik lahan di pinggiran Sungai Musi untuk pembangunan hotel tepian musi.

“Kami berharap kedua investasi ini berjalan lancar,” tandasnya. (wik)





Publisher : awik obsesi

Lihat Juga

Besok, Warga Desa Rasuan OKU Timur Gelar ‘Sidokah Tiuh’

Palembang, KoranSN Warga Desa Rasuan Kecamatan Madang Suku I Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!