Kebakaran Hutan Meluas, Ada 308 Titik Panas di Sumatera





Ilust
Kebakaran Hutan. Dok

 

Jakarta – Kebakaran hutan dan lahan di Sumatera kian meluas. Ini dibuktikan oleh pantauan satelit hari ini yang menunjukkan 308 titik panas (hotspot).

Data BMKG Pekanbaru pada Minggu (26/7/2015) berdasarkan satelit Terra/Aqua pukul 05.00 WIB menunjukkan sebaran titik panas terdapat di sejumlah provinsi di Sumatera. Sebaran titik panas terpantau di Bengkulu 10, Lampung 5, Jambi 58, Sumbar 19, Sumsel 59, Sumut 25, Kepri 1, Babel 9. Sedangkan posisi Riau paling banyak sebaran titik panas berjumlah 122.

“Di Riau sebaran titik panas ada di Kabupaten Kampar 16, Bengkalis 17, Pelalawan 44, Rohil 5, Rohul 2, Siak 5, Inhil 8, Inhu 14. Level confidence 70 persen,” kata Kepala BMKG Pekanbaru, Sugarin kepada detikcom.

Sebaran titik panas ini membuat kabut asap kian pekat di sejumlah kabupaten di Riau. Untuk wilayah Pekanbaru, pagi hari kabut asap hanya di bawah 700 meter.

Sedangkan saat matahari mulai meninggi, jarak pandang menjadi 1 km. Berdasarkan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) yang terpajang di depan Kantor Wali kota Pekanbaru, diketahui kualitas udara memasuki level sedang.

Baca Juga :   Bupati OKU Timur Takziah di Rumah Sertu Ryan

Padahal normalnya ISPU di Pekanbaru jika tanpa asap pada level baik. Namun karena langit Riau diselimuti asap, level udara kini pada level sedang untuk mendekati tidak sehat.
(cha/imk)







Publisher : Ferdin Ferdin

Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Pj Bupati Empat Lawang Pauzan: Rotasi Hal Biasa dan Tidak Akan Menonjobkan Pejabat

Empat Lawang, KoranSN Pj Bupati Empat Lawang Pauzan Khoiri Denin, mengaku sudah Tiga (3) kali …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

    error: Content is protected !!