Keindahan Air Terjun Mangkok Bertingkat Tiga di Lahat

Tampak Keindahan Air Terjun Mangkok yang berada di Kabupaten Lahat. (Foto-Istimewa)

DALAM waktu seminggu, Tim Panoramic of Lahat berhasil mengunjungi dua air terjun di Kabupaten Lahat yang belum sama sekali diliput oleh media manapun.

Kalau sebelumnya, Panoramic of Lahat menemukan air terjun ke 142 di Kabupaten Lahat yang terletak di desa Perangai kecamatan Merapi Selatan. Dua hari berikutnya, Panoramic of Lahat yang dikomandoi ketuanya Maryoto atau yang lebih akrab dipanggil Mario Andramartik mengunjungi Desa Masam Bulau Kecamatan Tanjung Sakti Pumi.

Di desa ini, Panoramic of Lahat mengunjungi Air Terjun Mangkok bersama Ketua Karang Taruna dan Tokoh Pemuda Desa Masam Bulau bernama Wandi.

Dari desa tim mengendarai sepeda motor menyusuri pematang sawah yang telah dijadikan jalan setapak berbeton sejauh sekitar 600 meter, lalu berjalan kaki menyusuri tepi sungai dan menyusuri pematang sawah sejauh 300 meter. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan perjalanan sejauh 100 meter menyusuri aliran sungai setinggi mata kaki.

Baca Juga :   Hotel di Jakarta ini Disebut Travelers' Choice Best Of The Best 2020

Keindahan Air Terjun Mangkok dengan lebatnya pepohonan di sekitar air terjun menambah kesejukan mata memandang. Air terjun bertingkat tiga dengan airnya yang jernih, bersih dan membentuk lubuk atau danau di bawahnya mengundang rasa untuk berenang.

Tetapi, karena waktu sudah sore dan hari akan hujan kami hanya berfoto dan membuat video.

Air Terjun Mangkok bertingkat tiga yang kami lihat ternyata masih menyimpang keindahan pada bagian atasnya, dan kata Wandi sang tokoh desa bahwa ketinggian Air Terjun Mangkok ini secara keseluruhan setinggi 70 meter dan bertingkat-tingkat, tetapi karena waktu sudah sore maka kami belum dapat melihat semua air terjun.

Baca Juga :   Halmahera Selatan Bangun Miniatur Jakarta Sebagai Destinasi Wisata

Maka dengan letak yang tak jauh dari desa dan mudah di jangkau serta keindahannya yang menawan bak perawan desa nan cantik jelita. Tak mustahil, air terjun ini dapat dikembangkan menjadi obyek wisata yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan pemerintah.

Yach, sangat potensial untuk dijadikan obyek wisata ujar Maryoto sang Tokoh Penggerak Kebudayaan dan Kepariwisataan Sumsel yang tak pernah kenal lelah mengunjungi seantero Kabupaten Lahat, Empat Lawang dan Pagaralam untuk mendata, mendokumentasi dan mempromosikannya. (mario andramartik)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Banyuwangi Dorong Geliat Pariwisata Dengan Transaksi Digital

Banyuwangi, KoranSN Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, terus berupaya mendorong geliat pariwisata di era adaptasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.