Kejar Target, Perda Retribusi Pasar Disosialisasikan 



S Sudiyanto Djakfar. (foto-maniso/koransn.com)

Kayuagung, KoranSN

Perda Kabupaten OKI Nomor 5 Tahun 2017 tentang Retribusi Pasar yang merupakan perubahan Perda Nomor 5 tahun 2007 kini telah disosialisasikan guna mengejar target PAD dari sektor retribusi pasar.

Sosialisasi dilakukan Dinas Perdagangan OKI dibackup Badan Pengelola Pajak Daerah OKI dan Kantor Pol PP dan Damkar OKI kepada puluhan pedagang di Aula RM Abadola Jalintim Kayuagung, Rabu (14/2/2018). Sosialisasi serupa juga dilakukan di UPTD sejumlah kecamatan.

Kepala Dinas Perdagangan OKI S Sudiyanto Djakfar SSos MSi mengatakan, Perda Nomor 5 Tahun 2007 tentu tidak lagi relevan dengan kondisi saat ini karena Perda itu dibuat 10 tahun lalu. “Makanya telah diterbitkan Perda terbaru yakni Perda Nomor 5 Tahun 2017 sebagai perubahan Perda yang lama,”ujar dia.

Kata Sudiyanto, Perda itu mulai disosialisasikan karena Pemkab OKI tahun ini telah menargetkan PAD dari sektor retribusi pasar Rp 1,9 milyar. “Jadi untuk mengejar target itu maka Perda terbaru ini disosialisasikan dan segera dilaksanakan,”sambung Sudiyanto.

Perbandingan tahun 2017, target PAD dari sektor restribusi pasar Rp 1,2 milyar dan realisasinya hanya Rp 524 juta. “Tahun lalu tak mencapai target karena masih menggunakan Perda lama yakni retribusi pasar hanya Rp 500/hari bagi seorang PKL. Perda baru ini naik menjadi Rp 1.000/hari/PKL,”rincinya lagi.

Baca Juga :   Walikota Jadi Irup Apel Konsolidasi Ops Ketupat Musi 2019

Retribusi pasar ini bukan berlaku bagi PKL saja namun juga bagi penyewa kios, los, pemilik Ruko dan pemilik usaha lainnya. Sewapun juga naik yakni los dari Rp 20.000 menjadi Rp 30.000, sewa kios dan lainnya juga mengalami kenaikan.

Nisa (30) pedagang sayuran di Pasar Pagi Kayuagung tak keberatan adanya kenaikan retribusi pasar tersebut. “Naiknya juga masih wajar dari Rp 500 menjadi Rp 1.000,”kata Nisa. (iso)







Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

Proyek Tol Seksi II Prabumulih-Muara Enim Masuk PSN 2025

Muara Enim, KoranSN Pj Bupati Muara Enim Dr H Ahmad Rizali MA memastikan proyek jalan …

error: Content is protected !!