Kejari Palembang Musnahkan 13 Kg Sabu dan Ribuan Ekstasi







Tampak, barang bukti yang memiliki kekuatan hukum tetap saat dibakar. (foto-dedy/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Kejaksaan Negeri (Kejari) Palembang, Selasa (18/9/2018) memusnahkan barang bukti 13 Kg sabu dan ribuan ekstasi. Pemusnahan barang bukti tersebut merupakan perkara di persidangan sejak Agustus 2017 hingga Agustus 2018 yang kini statusnya sudah memiliki kekuatan hukum tetap atau inkrah.

Selain memusnahkan barang bukti 13 Kg lebih atau 13.062,1497 gram sabu dan 2.149 butir ekstasi. Dalam pemusnahan tersebut juga dimusnahkan ganja kering seberat 6 Kg lebih atau 6.043,774 gram.

Bukan hanya itu, barang bukti 31 senjata api rakitan yang terdiri dari; 2 pucuk senjata api laras panjang dan 27 pucuk senjata api laras pendek serta 344 amunisi juga dimusnahkan. Kemudian Kejari Palembang juga memusnahkan barang bukti ribuan botol Miras berbagai merek, senjata tajam, obat tradisional dan jamu.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Palembang, Asmadi mengatakan, ada 1.382 berkas perkara pidana umum dan narkoba yang dimusnahkan oleh pihaknya. Barang bukti yang dimusnahkan tersebut saat ini perkaranya sudah putus oleh pengadilan dan telah memiliki kekuatan hukum tetap.

“Ada berbagai jenis barang bukti yang dimusnahkan diantaranya, narkoba dan senjata api rakitan,” ungkapnya.

Menurutnya, pemusnahan barang bukti tersebut disaksikan oleh pihak kepolisian, pengadilan, Rupbasan (Rumah Penitipan Barang Sitaan dan Rampasan Negara), BPOM, Dinkes serta instansi lainnya.

“Pemusnahan ini juga sebagai bentuk transparansi kami. Selain itu, untuk semua barang bukti yang kami musnahkan tersebut tidak ada lagi upaya-upaya hukum yang dilakukan para terdakwanya, dari itulah semuanya kami musnahkan,” tandasnya.

Baca Juga :   Walikota Segera Laporkan Oknum Pemegang ATM Pegawai Honorer

Diberitakan sebelumnya, dalam pemusnahan tersebut barang bukti narkoba dibakar ke dalam tong, sedangkan untuk senjata api dan senjata tajam dimusnahkan dengan dipotong menggunakan mesin potong. Sementara untuk ribuan botol Miras dan obat tradisional serta jamu, dimusnahkan dengan cara dilindas menggunakan alat berat. (ded)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Menko Polhukam Pastikan Kompolnas Turun Langsung Awasi Kasus Vina

Jakarta, KoranSN Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) RI, Hadi Tjahjanto memastikan …

error: Content is protected !!