Kelahiran Pancasila Falsafah Negara dalam Membentuk Kepribadian Bangsa dan Rakyat Indonesia



Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia, H. Firli Bahuri. (Foto-Istimewa)

HARI ini, Rabu 1 juni 2022, segenap bangsa di republik ini kembali memperingati Hari Lahir Pancasila, falsafah negara, yang seyogianya menjadi pedoman hidup dan kehidupan berbangsa-bernegara, di tanah air Indonesia tercinta.

Sebagai falsafah negara di republik ini, Pancasila adalah garda terdepan sekaligus benteng nan kokoh yang terbukti senantiasa menyelamatkan negeri ini dari ragam permasalahan bangsa sejak zaman dulu, sekarang hingga masa yang akan datang.

Baca Juga :   Kajari Dukung Rakerda & Pelantikan JMSI Kota Medan

Dengan kata lain, rakyat Indonesia sejatinya tidak dapat dipisahkan dari Pancasila, mengingat Pancasila sebagai falsafah hidup, merupakan pondasi utama yang membentuk kepribadian bangsa, sekaligus pedoman untuk mewujudkan tujuan kehidupan berbangsa dan bernegara, sebagaimana termaktub dalam mukadimah Undang-Undang Dasar 1945.

Berakar dari nilai-nilai agama, ketuhanan, kemanusiaan dan kentalnya budaya tanah air, Pancasila terlahir sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia, dimana ruh Pancasila seyogianya telah menjadi jiwa yang membentuk kepribadian setiap anak bangsa di negeri ini. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Aldila Sutjiadi Harumkan Indonesia, Juara Di Turnamen World Tennis Tour W60







Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Paguyuban Sinar Mas dan JMSI Sumsel Gelar Donor Darah

Palembang, KoranSN Paguyuban Sinar Mas bersama Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Sumsel mengadakan Layanan Kesehatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.