Kelola Sampah Dengan Aplikasi Android

General Manager RU III, Djoko Priyono bersama Direktur Jenderal P2KL dan PJS PSLB3 Kementerian Lingkungan Hidup, MR Karliansyah saat meninjau langsung kegiatan sarasehan Pertamina RU III di Sungai Gerong Banyuasin I, Selasa (31/10/2017). (Foto-Ferdinand Deffryansyah/koran sn)

Palembang, KoranSN

Program pengelolaan dan pengolahan sampah berbasis jaminan sosial Patratura Refinery Unit III, kembali menawarkan inovasi baru kepada para nasabahnya berupa Aplikasi berbasis sistem Android, “Sampah Kito”.

Aplikasi ini diresmikan langsung General Manager RU III, Djoko Priyono bersama dengan Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (P2KL & PJS PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup, M R Karliansyah di Dusun Srinanti RT 3 RW 3 Sungai Gerong Banyuasin I, Selasa (31/10/2017).

“Aplikasi ini kan memfasilitasi setiap kegiatan transaksi Nasabah Patratura, mulai dari pencatatan buku tabungan, jumlah saldo, permintaan penjemputan sampah ke rumah-rumah, hingga keterangan kontribusi nasabah terhadap pengurangan timbunan sampah per periodik. Dengan aplikasi ini, kami menginginkan nasabah agar makin merasa “Sampah Kito Beguno Galo’ sesuai dengan slogan aplikasi ini,” kata Djoko.

Aplikasi Sampah Kito dijelaskannya, terbagi menjadi dua yakni aplikasi untuk nasabah dan aplikasi untuk pengurus bank sampah. Bagi nasabah, aplikasi digunakan untuk memanggil petugas untuk mengambil sampah yang ingin disetor dan bagi pengurus, melalui aplikasi ini petugas dapat mengetahui nasabah mana yang sampahnya sudah siap dijemput.

Baca Juga :   Kejati Sumsel Berikan Sanksi Berat Kepada 11 Jaksa

“Kami melihat antusiasme nasabah sangat tinggi, karenanya kami mencoba untuk terus berinovasi agar Patratura dapat terus berkembang. Kami berharap dengan Aplikasi Sampah Kito, seluruh kegiatan Patratura dapat makin termonitor secara sistematis dan mempermudah transaksi nasabah,” tambah Djoko.

Dikatakannya, Bank sampah berbasis jaminan sosial Patratura merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) inisiatif RU III terhadap masalah sampah di Kota Palembang yang mencapai 600-700 ton perharinya. Patratura hadir untuk mengelola dan mengolah sampah organik, anorganik, maupun sampah eceng gondok menjadi barang yang berguna dan bermanfaat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui sistem reimburse jaminan sosial.

“Hingga kemarin, sampah anorganik yang sudah disetor oleh nasabah Patratura sudah mencapai 4 ton. Selain itu, hasil olahan inovasi Patrakomposter saat ini juga sudah menghasilkan 500 kg pupuk organik padat yang siap panen,” jelas Djoko.

Sementara itu Dirjen P2KL & PJS PSLB3 KLH, M.R. Karliansyah mengatakan bahwa inovasi Patratura dapat menjawab masalah pengelolaan dan pengolahan sampah di perkotaan. “Patratura memiliki tiga kekuatan utama, pertama program pengelolaan dan pengolahan sampah ini terintegrasi dengan baik, kedua, inovasinya sederhana dan dapat diaplikasikan dengan mudah, dan ketiga, sistem jaminan sosialnya menyasar kepada kebutuhan pokok para nasabah,” jelasnya.

Baca Juga :   Adu Kambing Dua Speedboat Karam di Lalan Muba

Karliansyah mengatakan bahwa inovasi Patratura ini dapat diaplikasikan tidak hanya di lingkungan operasional RU III.

“Inovasi ini sederhana sehingga mendorong nasabahnya untuk semangat dalam berpartisipasi,” tutup Karliansyah.

Sementara itu Ketua Bank Sampah Seroja, Marwan mengatakan bahwa aplikasi Sampah Kito saat ini sedang digencarkan sosialisasi penggunaannya kepada nasabah. “Aplikasi Sampah Kito tentu akan mempermudah dan memberikan transparansi dalam setiap kegiatan transaksi Patratura. Saat ini kami sedang melakukan sosialisasi kepada nasabah agar aplikasi ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal,” kata Marwan.

Dalam kesempatan tersebut juga digelar Sarasehan Patratura Sampah Kito Beguno Galo dengan menghadirkan Aktivis Lingkungan Hidup Cathy Sharon. Pertamina juga memberikan pupuk organik 7.5 ton kepada Pemkot Palembang. (ima)



Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Pj Walikota Apresiasi Kehadiran Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian di Palembang, Launching 3 Program Sekaligus

Palembang, KoranSN Meresmikan tiga program sekaligus yang bermanfaat langsung bagi masyarakat, kehadiran Ketua Umum TP …

error: Content is protected !!