Kelompok Cadangan Pangan -Bantu Daerah terkena  Bencana





Untitled-1
PANGAN-Pelatihan Kelompok cadangan Pangan bagi daerah terkena bencanaahat, SN

Lahat, SN

Daerah yang mengalami musibah akibat bencana alam dapat terbantu dengan adanya kelompok cadangan pangan Kabupaten Lahat, Ketersediaan stok beras bagi kelompok cadangan ini tentu akan membawa dampak positif bagi ketahanan pangan khususnya di kabupaten Lahat, hal ini diketahui pada pelatihan dan sosialisasi bagi kelompok cadangan pangan  Kabupaten Lahat.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Riva’I SE melalui Kepala BKP Kabupaten Lahat, H Hasnul Basri SH MM mengatakan, ketahanan pangan merupakan salah satu bentuk yang harus diperhatikan oleh pemerintah. Dimana, BKP Lahat sudah memiliki stok beras untuk membantu daerah di Kabupaten Lahat yang pangannya mengalami musibah akibat bencana alam.

“Oleh karena itulah, kita memiliki ketersediaan stok beras atau cadangan pangan untuk membantu daerah yang pangannya dilanda musibah,”katanya, Selasa (24/11).

H Hasnul mengatakan, BKP Kabupaten Lahat sudah membantu cadangan pangan di daerah yang pangannya mengalami musibah, dimana tahun 2015 ini desa yang telah dibantu adalah Desa Padang Lengkuas. “Kita sudah memberikan bantuan cadangan pangan kepada desa Padang Lengkuas. Dimana desa tersebut mengalami musibah kekeringan sehingga mengakibatkan sawah mereka kering. Sehingga dari pihak desa mengajukan usulan ke kita, dengan mengajukan proposal. Nah seperti pelatihan ini, para peserta kita ajarkan bagaiman cara membuat proposal yang baik dalam mengajukan bantuan cadangan pangan,”jelasnya.

Ia menegaskan, bantuan cadangan pangan bisa terealisasi apabila dari desa yang pangannya mengalami musibah akibat bencana alam sudah mengajukan proposal ke pihak BKP Lahat, dimana pengajuan tersebut sudah diketahui langsung oleh Kades dan camat setempat, dari sana, tim akan turun langsung melihat kondisi keadaan dilapangan, lalu tim yang terdiri dari BKP, Dinas TPH, Dinas Sosial, serta BPBD melakukan verifikasi apakah layak atau tidaknya desa tersebut mendapatkan bantuan cadangan pangan. Lalu melapirkan hal tersebut ke Bupati Lahat. “Nah dari hasil verifikasi dilapangan tersebut lalu kita ajukan ke Bupati, dan disanalah apakah daerah tersebut layak atau tidak mendapatkan bantuan,”ungkapnya lagi.

Baca Juga :   Kantor Perusda Lahat Sepi dan Dipenuhi Rumput Liar

Sementara itu Kabid Ketersediaan Cadangan Pangan, Yunidi SE MM didampinggi Kasubid Ketersedianaan Cadangan Pangan, Nasrun SP mengatakan, tujuan pelatihan bagi kelompok cadangan pangan dimaksudkan agar peserta dapat diberikan pembekalan atau ilmu yang bermanfaat, terutama terhadap cara pembuatan proposal laporan bantuan bagi daerah yang pangannya dilanda musibah. “Kegiatan ini diikuti oleh para kelompok lumbung pangan, petugas UPT, dengan maksud memberikan ilmu yang bermanfaat bagi peserta. Terutama cara bagaimana membuat laporan,”terangnya. (Hafiz)

 







Publisher : agus

Lihat Juga

Pj Bupati Lahat Tutup Stand Pameran Pembangunan HUT Lahat ke-155

Lahat, KoranSN Pameran stand pembangunan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lahat ke-155 perayaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!