Keluhkan Angkutan Logging yang Tidak Safety

Tampak angkutan kayu ketika melintas. (foto-anasrul/koransn.com)

PALI, KoranSN

Sejumlah pengendara baik roda dua maupun pengendara roda empat di Bumi Serepat Serasan mengeluhkan masih banyaknya mobil angkutan logging milik perusahaan yang tidak menerapakan standar pengamanan yang berlaku, yaitu tidak menutup kayu yang diangkut dengan terpal atau jaring.

Seperti yang terpantau di Jalan Simpang Raja menuju Simpang Empat Camp Topo, tampak konvoi dua mobil angkutan kayu dengan menggunakan mobil fuso tidak ada terpal atau jaring. Hanya ada berupa ikatan tali untuk mengikat kayu loging agar tidak jatuh. Kondisi tersebut membuat was-was para pengendara.

Wahar, warga Desa Jerambah Besi Kecamatan Talang Ubi mengaku, sering sekali melihat mobil angkutan kayu yang tidak safety.

“Sudah lebar, pas nak motong mobil itu penuh dengan was-was, karena takutnya ikatan kayu lepas, berjatuhan kayunya dan bisa menimpa saya, itu yang saya takutkan,” jelasnya yang mengaku setiap hari bertemu dengan angkutan kayu yang tidak safety.

Baca Juga :   Pamkab Muratara Antisipasi Serangan Jembrana dan Antrax

Dia juga meminta dinas terkait untuk tegas terhadap supir angkutan yang nakal itu, bahkan kalau perlu perusahaannya dipanggil.

“Dishub harus tegas. Angkutan tersebut harus dilarang melintas, karena tidak melaksanakan standar keamanan dan cenderung membahayakan para pengguna jalan yang lain, jangan sampai ada oknum yang memanfaatkan kesempatan itu dan langsung berdamai di tempat,” tukasnya.

Tidak hanya Wahar yang mengeluhkan, Rian (23) pengguna jalan yang menggunakan roda dua itu pun terpaksa beradu kecepatan ketika ketemu mobil angkutan kayu. Karena, kalau diiring diakuinya sering membuat matanya perih dan terkadang kulit-kulit kayu dari mobil berjatuhan.

Baca Juga :   Ajak Penyandang Cacat OKI Berkonstribusi untuk Daerah

“Ini yang bahaya, maka kami minta Dishub harus tegas. Kalau perlu dikandangkan angkutan kayu yang tidak standar keamanan,” pintanya.

Sementara itu, sampai berita ini diturunkan kepala Dinas Perhubungan kabupaten PALI belum bisa dihubungi dan ketika ke kantornya, Kepala Dishub tidak ada di tempat. (ans)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Bimtek Anakku Sehat Anakku Cerdas Turunkan Angka Stunting

Muara Enim, KoranSN Dalam rangka mempercepat penurunan angka Stunting (Kondisi gagal pertumbuhan pada anak akibat …