Kematian Ibu Jadi Fokus Utama Hari Keselamatan Pasien Sedunia





Tangkapan layar dari materi pemaparan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI Abdul Kadir dalam agenda Zoom meeting “Hari Keselamatan Pasien Sedunia” yang diikuti dari Jakarta, Selasa (14/9/2021). (Foto/Antara)

Jakarta, KoranSN

Tingkat kematian ibu pada masa persalinan sebesar 76 persen di Indonesia menjadi perhatian pemerintah dalam agenda peringatan Hari Keselamatan Pasien Sedunia 2021, ujar Pejabat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

“Ada tiga sebab utama, yakni pendarahan, ada juga yang meninggal karena hipertensi yang membuat pasien kejang-kejang saat melahirkan dan ada penyebab lain yang dipicu penyakit penyerta, seperti jantung, diabetes,” kata Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI Abdul Kadir dalam agenda zoom meeting “Hari Keselamatan Pasien Sedunia” yang diikuti dari Jakarta, Selasa (14/9/2021).

Baca Juga :   Kasus Positif COVID-19 Lampung Bertambah 37 Orang

Abdul mengatakan faktor risiko persalinan terjadi mulai dari fase sebelum dan saat hamil. Proporsi kematian ibu saat hamil sekitar 24 persen, saat persalinan 36 persen dan 40 persen usai menjalani persalinan (pasca-persalinan). HALAMAN SELANJUTNYA>>





Bagikan :

Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Per Senin Satgas COVID-19 Laporkan Capaian Dosis Ketiga 26,95 Persen

Jakarta, KoranSN Satgas Penanganan COVID-19 melaporkan per Senin (26/9/2022), laju suntikan dosis ketiga atau vaksin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!