Kemenkes: Perangkat Ajar Kesehatan Resmi Masuk Kurikulum Merdeka



Sejumlah siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar di SD Negeri 3 Kalicari, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (2/11/2023). Perangkat ajar kesehatan yang terdiri atas 22 topik perilaku sehat untuk dilakukan oleh anak usia sekolah dan dapat ditularkan kepada anggota keluarga telah resmi masuk ke dalam Kurikulum Merdeka. (Foto-Antara)

Jakarta, KoranSN

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan Maria Endang Sumiwi mengatakan perangkat ajar kesehatan yang terdiri atas 22 topik perilaku sehat untuk dilakukan oleh anak usia sekolah dapat ditularkan kepada anggota keluarga karena telah resmi masuk ke dalam kurikulum Merdeka.

“Melalui 22 topik tersebut diharapkan ada kompetensi yang dimiliki peserta didik tentang kesehatan tersebut di setiap fase dan jenjang pendidikan,” kata Maria Endang Sumiwi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (5/12/2023).

Endang menyebutkan seluruh topik tersebut berfokus pada perilaku terkait gizi, sanitasi, kesehatan jiwa, kesehatan reproduksi, imunisasi, aktivitas fisik, pemeriksaan kesehatan, kepatuhan pengobatan, hingga kesiapsiagaan bencana.

Lebih lanjut, ia mengemukakan pengembangan perangkat ajar kesehatan tersebut bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kementerian Agama (Kemenag), praktisi kesehatan dan pendidikan, organisasi profesi seperti Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), dan Persatuan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) sejak akhir tahun 2022.HALAMAN SELANJUTNYA>>

Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Dinkes: Kasus DBD di Kota Tangerang Awal Tahun Menurun

Tangerang, KoranSN Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Banten, mencatat kasus demam berdarah dengue (DBD) pada awal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!