Kemenkumham Sumsel Ajak Notaris Optimalkan Penghapusan Fidusia







Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumsel, Rahmi Widhiyanti saat menyampaikan kata sambutan. (Foto-Istimewa)

Palembang, KoranSN

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Rahmi Widhiyanti mengajak notaris agar mengoptimalkan penghapusan register fidusia yang masa jaminannya telah berakhir, baik karena pelunasan piutang yang dijamin maupun kerusakan objek jaminan.

“Notaris sebagai pejabat publik yang diberi kewenangan untuk melakukan proses pendaftaran fidusia sangat berperan mendorong kreditur untuk mendaftarkan dan menghapus akta jaminan fidusia,” ujar Rahmi ketika memberikan sambutan dalam kegiatan Sosialisasi Penghapusan Jaminan Fidusia di Hotel The Alts Palembang, Senin pagi (10/6/2024).

Baca Juga :   Sertifikasi TTK di Muba Dinobatkan Teraktif dan Terbanyak Peringkat I Wilayah Sumsel

Fidusia sendiri adalah pengalihan hak kepemilikan suatu benda atas dasar kepercayaan dengan ketentuan bahwa benda yang hak kepemilikannya dialihkan tersebut tetap dalam penguasaan pemilik benda.

Menurut Rahmi, jaminan fidusia yang belum dihapus oleh perbankan atau lembaga pembiayaan non perbankan yang dalam hal ini adalah leasing sebagai penerima fidusia, akan merugikan para debitur karena meski utangnya telah lunas, mereka tetap dianggap masih menunggak.

“Tentu ini merugikan debitur karena membuat mereka tidak bisa mengambil utang lagi, dan mereka juga tidak dapat menggunakan objek jaminan fidusia tersebut untuk mengakses pinjaman atau pembiayaan ke bank lain. Nama maupun kredibilitasnya juga dirugikan karena seolah-olah masih menunggak,” jelasnya. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Direktur Keamanan dan Ketertiban Ditjenpas Berikan Penguatan Tugas dan Fungsi Pengamanan di Sumatera Selatan







Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Jaga Keindahan Atasi Banjir, Pj Walikota Palembang Ucok Abdulrauf Launching Program Gotong Royong Jumat Bersih

Palembang, KoranSN Upaya menjaga kebersihan dan keindahan Kota Palembang, Pj Walikota Ucok Abdulrauf Damenta di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!