Kemenkumham Sumsel Lakukan Rakor Pemutakhiran Data PPNS Pada Aplikasi AHU Online





Suasana rapat koordinasi pemutakhiran data PPNS pada Aplikasi AHU online yang digelar Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan. (Foto-Istimewa)

Palembang, KoranSN

Dalam rangka peningkatan layanan administrasi hukum umum di wilayah dan optimalisasi pelaporan dan pemutakhiran data PPNS di wilayah, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan melakukan rapat koordinasi pemutakhiran data PPNS pada Aplikasi AHU online, Selasa (24/1/2023) di aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Parsaoran Simaibang mengungkapkan, bahwa kegiatan ini sangat diperlukan dalam rangka untuk mengetahui data-data atau jumlah PPNS yang sudah dilantik di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan karena selama ini pelaporannya secara manual.

Baca Juga :   Ishak Mekki Kurban di Dapil

Selain itu, untuk menyelaraskan data PPNS Kanwil dan Ditjen AHU serta untuk pemutakhiran database PPNS, dan dengan mengetahui data keberadaan PPNS yang ada di daerah sehingga pihaknya dapat mengukur efektifitas penegakan hukum yang dilakukan oleh PPNS pada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

Parsaoran Simaibang juga mengungkapkan, jabatan PPNS diatur dalam Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

“Sebagaimana kita ketahui bahwa eksistensi PPNS dalam sistem peradilan pidana, menyatakan bahwa Penyidik adalah Pejabat Polisi Negara RI atau PPNS tertentu yang diberi wewenang khusus oleh Undang-Undang untuk melakukan penyidikan, dan ketentuan Pasal 1 angka 11 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian”, ungkapnya.

Baca Juga :   923 Pasien Covid-19 di Sumsel Sembuh, Ini Rinciannya

Sementara Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya mengatakan, PPNS dalam bekerja haruslah independen dari pengaruh-pengaruh kebijakan politik yang berkembang, baik itu di pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota. HALAMAN SELANJUTNYA>>





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Curiga Migor Naik Mendadak, Wakil Walikota Palembang Geruduk Distributor

Palembang, KoranSN Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda menaruh rasa curiga akan kenaikan minyak goreng (Migor) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!