Kemenkumham Sumsel Verifikasi Faktual Calon OBH Baru di Kabupaten OI dan OKI





Kemenkumham Sumsel saat melakukan verifikasi faktual calon OBH baru di Kabupaten OI dan OKI. (Foto-Istimewa)

Kayuagung, KoranSN

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan melalui Tim Pokjada Verifikasi dan Akreditasi Calon Organisasi Bantuan Hukum (OBH) kembali melakukan verifikasi faktual ke Calon OBH baru, Senin (13/5/2024).

Calon OBH yang diverifikasi faktual kali ini adalah YPBH Kayuagung dan Indralaya yang bertempat di Kabupaten Ogan Ilir (OI) dan YPBH Ogan Komering Ilir yang bertempat di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Sebelum memulai verifikasi aktual, Kepala Bidang Hukum, Ave Maria Sihombing menjelaskan, proses verifikasi dan akreditasi OBH ini terdiri dari lima tahapan yakni pendaftaran, perbaikan kelengkapan dokumen, pemeriksaan faktual lapangan, rekomendasi Kelompok Kerja Daerah (Pokjada), dan verifikasi Panitia Verasi dan Kelompok Kerja Pusat (Pokjapus).

“Dari total 22 Calon OBH yang mendaftar, ada 13 Calon OBH yang lulus verifikasi dokumen. Selanjutnya seluruh Calon OBH yang lulus verifikasi dokumen ini akan menjalani pemeriksaan faktual lapangan dari Tim Pokjada Kemenkumham Sumsel untuk diperiksa kesesuaian dokumen yang telah diunggah oleh calon OBH di aplikasi Sidbankum, juga melihat secara langsung sarana dan prasarana yang merupakan salah satu syarat menjadi OBH terakreditasi,” ungkap Kabid Hukum.

Baca Juga :   Pol PP Palembang Awasi Ketat Kawasan Publik

Lebih lanjut Kabid Hukum menjelaskan, dari pemeriksaan faktual ini didapatkan bahwa kesesuaian antara dokumen yang diunggah dengan kondisi di lapangan sudah cukup baik. Akan tetapi masih ada beberapa catatan dari Tim Pokjada, seperti kesediaan ruang Ketua yang masih bergabung dengan ruang konsultasi, hingga struktur organisasi yang belum dipasang. Catatan-catatan ini harus segera ditindaklanjuti agar kedua OBH tersebut lebih berpeluang lolos verifikasi pusat. HALAMAN SELANJUTNYA>>







Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Ratu Dewa Dampingi Kepala BKKBN RI Cek Pelayanan KB di RS Pusri Hingga Kunjungi Kampung KB Cempaka

Palembang, KoranSN Pj Walikota Ratu Dewa mendampingi Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo saat melakukan peninjauan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!