Kesadaran Pemilik Mobil Untuk Uji KIR Rendah

Ilustrasi (Foto-Net)

Prabumulih, KoranSN

Kesadaran konsumen khususnya pemilik Kendaraan mobil di wilayah kota Prabumulih di dalam uji KIR mobil baru masih rendah bahkan mencapai persentase 70 %. Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Syarifudin melalui Kepala UPTD Pengujian Kendaraan Motor dan Mobil, Dian, kemarin.

Mobil layak jalan dan tidak menurutnya, dilihat dari KIR mobil. Untuk itu harus cek KIR dulu mobil sebelum beroprasi, ironisnya tiap tahun uji KIR mobil di kota Prabumulih omset menurun sebab pengaruh ekonomi masyarakat mulai turun dari tahun 2015. “Ya pengaruh harga getah karet terus merosot,”ujarnya.

Baca Juga :   Pengurus KONI OKU Timur Dikukuhkan

Bahkan di tahun 2017 dikatakannya, harga getah karet malah masih turun drastis. Karena itu, pihaknya tidak bisa memaksakan mereka untuk diuji KIR mobil.

“Sebab rata-rata pemilik Mobil tersebut para petani Karet,”ujarnya.

Dijelaskanya ada kreteria mobil yang harus uji di KIR yakni mobil angkutan umum, mobil angkatan barang , dan Kereta Gandeng dan Tempel. Untuk di kota Prabumulih mobil yang masuk di UPTD ini untuk di uji KIR hanya 10 – 15 mobil/hari, jika dibandingkan dengan Kabupaten Muaraenim jauh selisihnya jumlah mobil yang masuk perharinya untuk di uji KIR mobil sebanyak , 30-40 mobil/hari.

Baca Juga :   Musrenbang Tugumulyo Usulkan Program Penyusunan RKPD Tahun 2024

Untuk biaya KIR dikatakannya, berdasarkan Perda No.5 tahun 2011 tentang retribusi jasa angkutan umum dan biaya KIR tergantung jenis mobil dan bobot berat mobil yakni 0- 4 ribu Kg dengan biaya Rp 79 ribu, 4 ribu – 10 ribu Kg Rp 49 ribu dan lebih dari 10 ribu Kg maka biaya Rp 99 ribu dan Kereta gandeng dan tempel Rp 96 ribu

Diharapkannya, kesadaran masyrakat kota Prabumulih untuk uji KIR mobil mereka tetap tinggi sebab untuk kepentingan keselamatan pengguna jalan dan pemilik kendaraan itu sendiri. (and)



Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Kasi Datun dan Kasi PB3R Kejari PALI Berganti

PALI, KoranSN Terjadi rotasi di lingkungan Kejaksaan Negeri Kabupaten PALI (Kejari PALI). Hal itu tampak …

error: Content is protected !!