Ketahui Cara Cegah Osteoporosis Sejak Dini









Ilustrasi. (foto-net)

Jakarta, KoranSN

Kekuatan tulang dan tingkat potensi risiko terhadap osteoporosis ternyata disebabkan oleh beberapa faktor. Namun, yang paling berisiko ditentukan oleh gen Anda.

Tidak hanya itu, faktor gaya hidup seperti pola makan dan olahraga juga dapat berdampak kepada kesehatan kualitas tulang. Pencegahan osteoporosis yang tepat juga membantu meminimalisasi tulang yang rapuh.

Menurut Prof. Dr. Errol U. Hutagalung, Sp.B, Sp.OT. (K), untuk mencegah penyakit tersebut sebaiknya pelajari penyakit osteoporosis yang diderita.

Baca Juga :   Dinkes Mukomuko Tangani Anak yang Digigit Anjing Rabies

“Untuk pencegahan sebaiknya ketahui secara dini, dan langkah-langkah yang harus diambil. Dengan mengetahuinya, maka masalah osteoporosis dapat dicegah secara dini,” ujar Prof. Dr. Errol U. Hutagalung, Sp.B, Sp.OT. (K).

Ia menambahkan usahakan untuk mencapai kepadatan tulang semaksimal mungkin sebelum usia 34 tahun. Kepadatan tulang akan menurun setelah mencapai usia tersebut.

Selanjutnya, lakukan diet seimbang kaya akan kandungan kalsium, karena kalsium adalah salah satu zat pembentuk tulang. Konsumsilah makanan, seperti brokoli, tempe, tahu dan ikan teri.

Baca Juga :   Dinkes: 62 Warga Kota Palu Terkonfirmasi COVID-19 "Probable" Omicron

Lakukan juga latihan fisik secara teratur, seperti olahraga. Hindari rokok dan minuman beralkohol. (vivanews)

 











Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kiat Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Berpuasa

Jakarta, KoranSN Dokter Gigi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kepulauan Seribu drg Melanie Veronica, MPH …

error: Content is protected !!