Ketua DPRD OI Sarankan Kades Anggarkan Rehab Rumah Tidak Layak Huni dari Dana Desa

Ketua DPRD OI Suharto saat berkunjung ke rumah warga.(foto-herman/koransn)

Indralaya, KoranSN

Melihat masih banyaknya rumah warga yang dinilai tidak layak untuk ditempati atau dihuni, membuat Ketua DPRD Ogan Ilir (OI) Suharto HS berinsiatif menyarankan kepala desa untuk menganggarkan rehab rumah tidak layak huni menggunakan anggaran dana desa (DD).

Seperti belum lama ini, Ketua DPRD OI Suharto mengunjungi salahsatu rumah warga di Kecamatan Pemulutan sembari memberikan paket sembako.

Dalam kunjungan itu, ia mendatangi rumah seorang janda, Anung (75) di Desa Talang Pangeran Ulu Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir, yang tidak layak huni, Sabtu (16/5/2020).

“Saya sangat prihatin melihat keadaan rumah milik ibu Anung yang tidak layak untuk dihuni,” ujarnya.

Baca Juga :   Perusahaan Tambang Batubara PT BAU Diportal Warga

Menurutnya, selain rumah ibu Anung, masih ada beberapa lagi rumah milik warga yang berada di desa tersebut, kondisinya nyaris sama dan tidak layak huni.

“Nanti kita panggil kepala desa dan akan kita upayakan agar dapat dianggarkan dengan dana desa untuk bedah rumah atau rehab rumah yang tak layak huni,” kata Suharto.

Melalui Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (musrenbangdes) Desa bisa mengusulkan program bedah rumah yang dananya diambil dari dana desa, karena bagaimanapun juga kebutuhan akan tempat yang layak dan sehat merupakan kebutuhan bagi warga.

“Dan berbagai instansi terkait harus bersinergi menangani ini, baik itu dinas sosial, dinas perumahan dan pemukiman begitu juga dengan lembaga terkait lainnya yang mempunyai tugas kewenangan fungsi mengurus persoalan yang dialami rakyat pedesaan. Kita semua tidak boleh membiarkan persoalan ini terus dialami warga Ogan Ilir,” imbuh Ketua DPRD OI. (man)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Pembangunan Flyover Untuk Jalur Kereta Api

Muara Enim, KoranSN Dalam mendukung kemajuan kerjasama pemanfaatan Aset PT.KAI dengan Pemerintah Daerah, dilaksanakan rapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.