Ketua DPRD Sumsel Temui Menhub RI, Bandara SMB II Disetujui Melayani Direct Flight Haji dan Umroh



Ketua DPRD Sumsel Hj Anita Noeringhati SH MH foto bersama Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub RI) Budi Karya Sumadi. (Foto-foto/Humas DPRD Sumsel)

BANDARA Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang akan segera membuka kembali penerbangan keluar negeri, serta menjadi embarkasi Jemaah Haji dan Umrah secara direct flight (penerbangan langsung) ke Arab Saudi.

Hal tersebut terungkap saat Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumsel, Hj Anita Noeringhati SH MH menemui Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub RI), Budi Karya Sumadi, Rabu (25/1/2023).

Kunjungan itu dalam rangka menindaklanjuti aspirasi masyarakat setelah dilaksanakan Forum Group Discussion (FGD) di bulan November akhir 2023 oleh Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhati SH MH bersama Ketua Ampuri Juremi Cipto Slamet, Executive GM SMB II R Iwan Winaya serta Kepala Dinas Pariwisata Sumsel Aufa Syahrizal.

Terkait aspirasi masyarakat tersebut, di bawah komando Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhati SH MH hanya diperlukan waktu singkat, yang hasilnya kabar baik bagi masyarakat Sumsel khususnya dan Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) pada umumnya, yakni Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II sudah kembali bisa membawa jemaah haji dan umrah terbang langsung ke Arab Saudi. Bahkan kepastian itu langsung disampaikan Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi.

Ketua DPRD Provinsi Sumsel, Hj RA Anita Noeringhati SH MH mengatakan, untuk penerbangan langsung layanan haji dan umrah serta penerbangan luar negeri sebelumnya memang sempat distop lantaran Pandemi Covid-19 yang kala itu sedang melanda dunia.

Masih katanya, dengan akan kembali dibuka penerbangan keluar negeri serta menjadi embarkasi Jemaah Haji dan Umrah secara direct flight ke Arab Saudi tersebut maka ini adalah kabar segar bagi masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah haji dan umrah. Apalagi, kepastian langsung disampaikan Menhub RI Budi Karya Sumadi didampingi Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni dan Direktur Angkatan Udara, Putu Eka Cahyadi.

Baca Juga :   Pemkot Pagaralam Gelar Upacara Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75

“Mulai dari pertemuan FGD di SMB II pada bulan November akhir 2022, dan perjuangan ini baru terealisasi ketika Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima langsung rombongan dari Sumatera Selatan. Tentunya ini kabar segar bagi masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah haji dan umrah, dan Menhub menyetujui dan memberikan izin penerbangan haji dan umroh secara unlimited,” ujarnya.

Ketua DPRD Sumsel Hj Anita Noeringhati SH MH saat bersama Menhub RI Budi Karya Sumadi.

Dijelaskannya, dalam pertemuan tersebut tidak hanya memperjuangkan haji dan umroh. Karena sebelumnya, FGD juga menginginkan SMB II bisa dibuka kembali untuk penerbangan luar negeri maupun direct flight. Dimintanya direct flight serta embarkasi haji dan umroh karena sebelumnya Sumatera Selatan pernah menjadi embarkasi jamaah haji pada tahun 2017.

“Sebagai Ketua DPRD Sumsel, untuk memperjuangkan aspirasi tersebut yang pertama kita bawa ke Menko Perekonomian dan diterima Deputi III Bidang Koordinasi Pengembangan dan Tata Ruang Dr Ir Wahyu Utomo MS. Kemudian saran dari mereka ke Deputi V Marves (Maritim dan Investasi). Lalu Marves meminta penjelasan apa saja peruntukkan SMB II, selain wisata. Karena kan Presiden RI berharap devisa tidak keluar,” terangnya.

Masih kata dia, jika inflasi di Indonesia masih cukup tinggi yakni di atas 5 persen dan ada 23 provinsi termasuk Sumsel, tingkat inflasinya tinggi.

“Untuk bisa membuka direct flight kita harus bisa memperlihatkan eksport dari Sumsel apa saja. Dengan tujuan negara Singapura dan Malaysia. Itu dilakukan agar warga tidak membawa duit keluar negeri untuk belanja,” paparnya.

Menurutnya, dirinya terus memperjuangkan aspirasi tersebut karena miris melihat orang tua dari kampung harus rela berjalan tengah malam. Dimana selepas subuh mereka harus mengejar pesawat ke Jakarta.

Baca Juga :   Belasan Infrastruktur di Kota Prabumulih Diresmikan

“Padahal, Sumsel sejatinya daerah penyangga empat provinsi, yakni; Jambi, Lampung, Bengkulu dan Bangka Belitung, dan dari pertemuan tersebut Menhub memberikan izin penerbangan haji dan umroh,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakannya, berdasarkan perhitungan Ketua Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Ampuri) Jeremy dijelaskan jika penerbangan umroh bisa dilakukan dua kali dalam satu minggu. Dengan asumsi setiap penerbangan sebanyak 340 jamaah umroh.

“Pada pertemuan Menhub meminta diupayakan dalam satu bulan bisa 15 kali penerbangan untuk embarkasi, direct flight ke Jeddah atau Madinah, yang penting ke Arab Saudi. Kemudian untuk kapan dilaksanakan penerbangannya, itu semuanya tergantung Ampuri kapan mereka akan memberangkatkan jamaah,” paparnya.

Ketua DPRD Sumsel Hj Anita Noeringhati SH MH foto bersama Menhub RI Budi Karya Sumadi.

Lanjutnya, dengan disetujuinya direct flight, haji, umrah serta penerbangan keluar negeri tentunya akan menambah nilai plus bagi SMB II yakni menambah efisiensi bagi yang berhaji dan umroh. Kemudian tidak harus terbang ke Jakarta untuk menuju Jeddah.

Sementara Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub RI), Budi Karya Sumadi mempersilahkan jemaah umrah Sumsel terbang dari Bandara SMB II dengan unlimited flight.

“Silahkan untuk jemaah umrah Sumsel saya sarankan terbang dari Bandara SMB II dengan unlimited flight (penerbangan tanpa batas). Selain lebih hemat, melalui Bandara SMB II juga bisa mengurai kepadatan Bandara Internasional Soekarno Hatta di Jakarta,” kata Menhub Budi Karya Sumadi saat pertemuan dengan Ketua DPRD Sumsel Hj Anita Noeringhati SH MH dan rombongan.

Diketahui ikut mendampingi Ketua DPRD Sumsel Hj Anita Noeringhati SH MH dalam pertemuan tersebut, yakni Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Muslim Penyelengara Haji dan Umrah Republik Indonesia Sumbagsel H Juremi Cipto Slamet, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Dr H Aufa Syahrizal SP MSc didampingi Kepala Seksi Sejarah dan Kepurbakalaan Agung Saputro SS dan Executive General Manager (EGM) Bandara SMB II R Iwan Winaya Mahdar. (adv)



Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Pj Bupati Banyuasin Berikan Perhatian Serius Terhadap Pembangunan SDM Berkualitas dan Berdaya Saing

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Banyuasin di bawah kepemimpinan H Hani Syopiar Rustam SH selaku Pj Bupati …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!