Khasiat Nanas Sesegar Rasanya, Cegah Kanker hingga Nyeri Haid





Ilustrasi. (foto-net)

NANAS merupakan salah satu buah tropis yang memiliki rasa menyegarkan. Tak hanya itu, nanas memiliki kandungan yang bermanfaat sangat baik bagi tubuh.

Nanas ternyata ampuh mencegah kanker. Sebab, kandungan antioksidan di dalamnya berperan sebagai penangkal radikal bebas yang bisa memicu pertumbuhan sel kanker.

“Pencetus kanker adalah radikal bebas yang masuk ke tubuh. Karena nanas memiliki antioksidan, kanker dapat dicegah dengan mengonsumsinya,” ujar spesialis gizi klinis, dr. Christopher Andrian, SpGK.

Baca Juga :   Wagub: Kapasitas RS Aman untuk Antisipasi Lonjakan Pasien COVID-19

Tak hanya itu, nanas mampu menjadi pereda nyeri saat sedang menstruasi. Kandungan baik di dalamnya bisa memicu rasa nyeri berkurang, sehingga menstruasi menjadi lebih nyaman.

“Adanya kandungan bromelin yang memiliki sifat antiradang, sehingga saat wanita menstruasi dapat dikurangi kadar prostaglandin, di mana hal itu mampu mengurangi nyeri saat haid,” tuturnya.

Untuk mendapatkan kandungan baik dari buah nanas, dìsarankan mengonsumsinya secara segar atau dalam bentuk buah. Dianjurkan juga untuk mengonsumsi buah nanas usai membersihkannya secara tepat.

Baca Juga :   BPJAMSOSTEK Beri Stimulus Jaminan Ketenagakerjaan Untuk 80 Pedagang

“Setelah dikupas, cuci bersih dengan air mengalir. Lalu rendam di air garam agar getahnya hilang karena (getahnya) bisa memicu rasa gatal,” ucap Christopher. (viva.co.id)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kasus COVID-19 Riau Turun Masyarakat Harus Tetap Prokes

Kota Pekanbaru, KoranSN Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan penurunan kasus COVID-19 di provinsi itu yang mencapai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.