Kinerja BPD Perlu Ditingkatkan

Bupati Muara Enim menyematkan tanda peserta bimteks. (foto-yudi/koransn.com)

Muara Enim, KoranSN

Bupati Muara Enim Ir. H. Muzakir Sai Sohar membuka Bintek Badan Pemusyawaratan Desa Tahun 2017, turut hadir Kepala Dinas PMD Kabupaten Muaraenim, Camat se-Kabupaten Muaraenim, Ketua BPD dan Sekretaris BPD se-Kabupaten Muara- Enim selaku peserta bimbingan teknis yang berlangsung di Hotel Amaris Palembang, Kamis(2/11/2017).

Menurut Muzakir, Badan Pemusyawaratan Desa sebagaimana dijelaskan dalam Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa adalah lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk Desa berdasarkan perwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis.

Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor : 110 Tahun 2016, dijelaskan bahwa BPD mempunyai fungsi yaitu : Membahas dan menyepakati rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa Menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa, dan Melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa.

“Untuk menunjang telaksananya fungsi dan tugas BPD, Pimpinan dan Anggota BPD Mempunyai hak memperoleh tunjangan pelaksanaan tugas dan fungsi dan tunjangan lainnya, serta biaya opersional BPD,”kata Bupati.

Baca Juga :   6 Warga PALI Batal Jadi TKW

Setiap Tahun Anggaran dikatakannya, tunjangan biaya operasional BPD dianggarakan dalam APBDes dan mulai Tahun Anggaran 2017 Pimpinan dan Anggota BPD semuanya telah dianggarakan biaya BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sebagai upaya meningkatan kesejahteraan pimpinan dan anggota BPD.

Muzakir juga menyampaikan dari hasil pantauan dan evaluasi terhadap kinerja BPD Se Kabupaten Muara Enim sudah menunjukan kinerja sebagaimana yang diharapkan masyarakat. Namun perlu semakin ditingkatkan di masa yang akan datang terutama peningkatan hubungan kinerja BPD dangan pemerintah Desa.

“Menyangkut peningkatan kesejahteraan Pimpinan dan anggota BPD kita senantiasa berupaya untuk meningkatkan Pendapatan Daerah, agar tunjangan biaya operasional BPD dapat kita tingkatkan dimasa yang akan datang.”

Baca Juga :   Kadinsos OKU Ditahan, Bakal Ada Tersangka Baru dalam Korupsi Lahan Kuburan

Bupati menekankan ada 4 Pokok tama Tugas Dan Peranan BPD Bagi Masyarakat Desa, yaitu :Jaga hubungan harmonis antara Pemerintah Desa dengan BPD agar roda Pemerintah dan Pembangunan di Desa berjalan lancar, tertib dan aman.
Senantiasa melakukan musyawarah dan mufakat dalam mengatasi setiap permasalahan di Desa.

Lakukan musyawarah Desa setiap akan menetapkan kebijakan Desa yang strategis seperti Penyusunan RPJMDes, RKPDes, APBDes dan Penyusunan Program Pembangunan di Desa.

Laksanakan fungsi Pemerintah dengan prinsip keterbukaan dan akuntabel dalam melayani masyarakat. (yud)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Dishub Empat Lawang Pasang Stiker Reflektor di Guardrail

Empat Lawang, KoranSN Dinas Perhubungan Kabupaten Empat Lawang memasang stiker reflektor di pagar pengaman (Guardrail) …