KJPT Sumsel Gelar FGD Asian Games dan Antisipasi Terorisme







Dua narasumber menyampaikan materi antisipasi bahaya terorisme. (foto Ferdinand Deffriyansyah/koransn)

Palembang, KoranSN

Dalam rangka antisipasi ancaman terorisme pada Asian Games, Komunitas Jurnalis Pencegahan Terorisme (KJPT) Sumatera Selatan menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang diberi tema “Asian Games dan Antisipasi Terorisme” yang berlangsung di Hotel AmarisPalembang, Rabu (1/8).

Hadir sebagai narasumber pada Forum Kajian Jurnalisme tersebut yakni, Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sumsel Dr Periansyah dan Mantan Pelaku Teroris Abdurrahman Thaib.

Dalam paparannya yang bertajuk Sinergitas Pencegahan Paham Radikal Terorisme di Sumsel, Periansyah menyebutkan beberapa alasan pemuda menjadi teroris yaitu mereka yang sedang mencari identitas, yang membutuhkan perasaan kebersamaan, ingin memperbaiki apa yang dianggap ketidakadilan, sedang mencari sensasi dan kegagahan, serta mereka yang menaruh simpati pada kelompok radikal-teroris melalui internet.

Baca Juga :   Pangdam Pimpin Acara Korp Kenaikan Pangkat

“Ciri-ciri yang sangat umum sudah mulai mengikuti aliran teroris, intoleran, fanatik, ekslusif, revolusioner. Yang bersifat statis dalam aksi nyata dan kekerasan,” ujarnya.

Lebih jauh dia memaparkan upaya mencegah menyebarnya paham radikal terorisme di Sumsel diantaranya dengan memeperbanyak dialog kebangsaan pada tokoh masyarakat/pemuda tentang pentingnya menjaga keutuhan NKRI dan semua elemen masyarakat harus menjadikan paham radikal terorisme sebagai musuh bersama.

“Saya berharap Diknas juga memastikan guru agama yang mengajar adalah guru agama yang moderat karena kita sepakat Indonesia pluralis dan menganut islam rahmatan lillalamin” pungkasnya.(Fer)

Publisher : Ferdin Ferdin

Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Ratu Dewa Bagikan 50 Kursi Roda dan 100 Alat Bantu Dengar ke Penyandang Disabilitas

Palembang, KoranSN Memperingati hari jadi Kota Palembang Ke-1341, Pj Walikota Ratu Dewa kembali berbagi kebahagiaan …

error: Content is protected !!