Koaksi Nilai Transisi Energi Ciptakan Banyak Lapangan Pekerjaan Hijau



Ilustrasi – Mahasiswa peserta Gerakan Inisiatif Tenaga Surya (Gerilya) mendalami praktik instalasi dan komisioning pembangkit listrik tenaga surya atap di Pusat Pengembangan Sumber Daya Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM. (Foto/Antara)

Jakarta, KoranSN

Organisasi nirlaba yang bergerak dalam program pembangunan berkelanjutan Koaksi Indonesia menilai kebijakan transisi energi di Indonesia yang mengedepankan aspek energi terbarukan memiliki peluang besar dalam menciptakan lapangan pekerjaan hijau.

Periset Koaksi Indonesia Siti Koiromah mengatakan energi terbarukan bisa menciptakan lebih banyak tenaga kerja dengan jumlah kapasitas yang hampir sama dengan energi fosil. Hal ini merupakan peluang green jobs yang besar karena emisi di Indonesia sebagian besar berasal bahan bakar fosil.

Baca Juga :   Jurus Kemenperin Optimalkan Hilirisasi Industri Pengolahan Rumput Laut

“70 persen penduduk kita berada di usia produktif dan ini memiliki peluang yang sangat besar. Artinya, industri bisa meningkatkan daya saingnya dengan memilih yang terbaik,” kata Siti dalam sebuah diskusi di Jakarta, Kamis (23/6/2022).

Lapangan pekerjaan hijau merupakan pekerjaan yang layak dan berkontribusi melestarikan atau memulihkan lingkungan bisa dari sektor tradisional, manufaktur, konstruksi, maupun sektor baru, seperti energi terbarukan maupun efisiensi energi. HALAMAN SELANJUTNYA>>







Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Presiden Joko Widodo Tiba di Moskow Untuk Bertemu Presiden Putin

Jakarta, KoranSN Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di Moskow, Rusia, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.