Kolesterol Tinggi Jangan Takut Konsumsi Udang, Aman Kok







Ilustrasi. (foto-net)

Jakarta, KoranSN

Udang merupakan salah satu makanan laut yang banyak kontroversinya. Meskipun enak, udang diyakini membawa dampak buruk bagi kesehatan.

Sederet kabar seputar udang beredar. Dikatakan, konsumsi udang mampu meningkatkan kolesterol, memicu alergi, hingga menimbulkan dampak racun bagi tubuh jika dikonsumsi berbarengan dengan jenis makanan tertentu, seperti kangkung dan jus jeruk. Padahal, sesungguhnya tidak demikian.

Spesialis gizi klinis, dr Ida Gunawan,M.S, SpGK(K) mengatakan bahwa udang sesungguhnya memiliki kadar nutrisi yang sangat tinggi. Dijabarkannya selain kaya protein, udang juga tinggi kadar antioksidannya.

“Protein udang cukup tinggi dan baik bagi kulit, selain itu kadar kartenoid (astansatin) yaitu senyawa antioksidannya 500 kali lebih tinggi dari vitamin A dan E,” ujarnya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT, Kamis (30/8/2018).

Selain itu, ia juga menepis segala rumor yang beredar soal konsumsi udang, salah satunya udang memicu alergi dan tinggi kolesterol. Menurutnya hal itu kurang tepat.

“Itu tergantung apakah orang tersebut punya riwayat alergi atau tidak. Ada beberapa orang yang alergi protein udang (100 gr udang mengandung 20 gr protein). Kalau tidak ada alergi, ya tidak masalah. Kalau kolesterol, kadarnya dalam udang masih wajar, masih masuk dalam standar WHO jadi aman dikonsumsi.”

Baca Juga :   Liburan Saat Pandemi Usai, Lakukan Ini untuk Lindungi Diri & Keluarga

Udang juga rendah kalori, dikatakannya udang tidak bisa picu kegemukan, kecuali jika udang dimasak dengan digoreng atau ditambahkan komponen lain.

“Intinya tidak perlu khawatir konsumsi udang selama tidak berlebihan. Kalau kadar kolesterol tinggi sebaiknya cukup konsumsi 50-100 gr udang perhari (4 potong).”

Lebih lanjut, udang mengandung lemak baik omega 3, 6, dan 9 yang tergolong lemak baik. (viva.co.id)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

PPIH Batam Terima Bantuan 20 Kursi Roda dari Pemprov Kepri

Batam, KoranSN Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam menerima bantuan berupa 20 kursi roda …

error: Content is protected !!