Kota Religi Tanjung Enim Bakal Dibentuk

Plt Bupati Muara Enim, H. Juarsah, S.H melakukan peletakan batu pertama pembugaran Makam Puyang Lawang Kidul di Desa Lingga Dusun 6 bedeng obak, Kecamatan Lawang Kidul.(foto-yudi/koransn)

Muara Enim, KoranSN

Plt Bupati Muara Enim, H. Juarsah, S.H melakukan peletakan batu pertama pembugaran Makam Puyang Lawang Kidul di Desa Lingga Dusun 6 bedeng obak, Kecamatan Lawang Kidul, Minggu (28/6) sekitar pukul 09.30 wib.

Dalam kegiatan tersebut, Plt Bupati Muara Enim juga menyerahkan bantuan 50 sak semen yang akan dipergunakan sebagai rehap awal pemugaran makam. Turut hadir pula Wakil Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim, Liono Basuki, Baznas Kabupaten Muara Enim, Unsur Tripika Kecamatan Lawang Kidul, Kabag Kesra, Kabag Prokopim, Kades Desa Lingga.

Konon sejarah Puyang Lawang Kidul yang bernama Syah Muhammad Ilyas Bin Abdullah sebagai penyebar peradaban islam ke-13, di Tanjung Enim yang berasal dari Pati di pulau Jawa. Menurut Narasumber Tumenggung Lawang Kidul, Dedi Sigarmanudin menuturkan, Pemugaran makam ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya lokal asli daerah setempat kepada generasi penerus, dan mendukung terbentuknya Kota Tanjung Enim sebagai Kota Wisata terkhusus Wisata Religius.

Baca Juga :   Pemkab Muara Enim Berkomitmen Dalam Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial

Senada dengan Tumenggung Lawang Kidul, Plt. Bupati mendukung penuh atas pemugaran makam ini, serta mengapresiasi atas dukungan dari masyarakat setempat dalam membangun Kota Tanjung Enim sebagai Kota Wisata. Selain itu, membuat Lawang Kidul sebagai kecamatan percontohan dalam pembentukan Kota Wisata yang religius dan sejalan dengan Visi Kabupaten Muara Enim yang #Merakyat yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera.

Plt Bupati Muara Enim meminta kepada perusahaan yang ada di Kabupaten Muara Enim untuk selalu berperan aktif ikut membangun Kabupaten Muara Enim terkhusus Tanjung Enim sebagai Kota Wisata, baik Wisata Alam, Buatan, dan Religius. (yud)

Baca Juga :   Pemkab Launching Absensi Online untuk Guru dan Siswa
Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Forum Pengusaha Orgen Tunggal di Empat Lawang Berharap Larangan Manggung Dicabut

Empat Lawang, KoranSN Para pengusaha orgen tunggal (OT) di Kabupaten Empat Lawang yang mengatas namakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.