KPK Dalami Peran Pihak Swasta Terkait Dugaan Korupsi BUMD Pemprov Sumsel





Pengamat Hukum dari Universitas Sriwijaya (Unsri) yang juga Tokoh Masyarakat Sumsel Dr H Ruben Achmad SH MH. (Foto-Dok/Dedy/KoranSN)

Palembang, KoranSN

Pengamat Hukum Sumsel dari Universitas Sriwijaya (Unsri), Dr H Ruben Achmad SH MH, Selasa (27/9/2022) mengatakan, adanya sejumlah pihak dari perusahaan swasta diperiksa KPK sebagai saksi dalam penyidikan dugaan korupsi penyalahgunaan kewenangan kerjasama pengangkutan batu bara oleh salah satu BUMD milik Pemprov Sumsel, dikarenakan Penyidik KPK tengah mendalami peran dari pihak swasta.

Masih dikatakannya, apabila dari hasil pemeriksaan terdapat adanya pihak swasta yang terbukti berperan dalam dugaan kasus korupsi tersebut maka pihak swasta itu harus dimintakan pertanggungjawaban pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 55 KUHP.

Baca Juga :   Kapolda Sumsel Instruksikan Tembak Pelaku Kejahatan

“Kemudian bila pihak swasta terbukti membantu melakukan maka sebagaimana diatur dalam Pasal 56 KUHP yang menjadi dasar hukum yakni pihak swastanya dapat dimintakan pertanggungjawaban pidana,” katanya.

Menurut Dr H Ruben Achmad SH MH, hal tersebutlah yang menyebabkan mengapa KPK memeriksa sejumlah saksi dari pihak perusahaan swasta.

“Jadi artinya KPK mendalami peran terkait keterlibatan pihak swasta dalam penyidikan dugaan kasus ini,” ujarnya. HALAMAN SELANJUTNYA>>





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Ruben Achmad: Tergantung Alat Bukti yang Ditemukan KPK!

Palembang, KoranSN Pengamat Hukum Sumsel dari Universitas Sriwijaya (Unsri), Dr H Ruben Achmad SH MH, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!