KPK Ungkap Konstruksi Perkara Suap Restitusi Pajak Tol Solo-Kertosono





Tangkapan layar Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur Rahayu saat jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (5-8-2022), terkait dengan pengumuman dan penahanan tersangka kasus dugaan suap pembayaran restitusi pajak proyek pembangunan Jalan Tol Solo-Kertosono pada KPP Pratama Pare, Jawa Timur, yang disiarkan melalui kanal YouTube KPK RI. (Foto-Antara)

Jakarta, KoranSN

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap konstruksi perkara yang menjerat tiga orang sebagai tersangka kasus dugaan suap pembayaran restitusi pajak proyek pembangunan Jalan Tol Solo-Kertosono pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pare, Jawa Timur.

Baca Juga :   KPK Periksa 8 Anggota DPRD dan Seorang PNS Dinas PU BM

Tersangka sebagai penerima ialah Supervisor Tim Pemeriksa Pajak pada KPP Pratama Pare Abdul Rachman (AR) dan pihak swasta Suheri (SHR).

Sementara itu, sebagai pemberi adalah Tri Atmoko (TA) dari pihak swasta/kuasa joint operation (JO) China Road and Bridge Corporation (CRBC), PT Wijaya Karya (WIKA), dan PT Pembangunan Perumahan (PP).

Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur Rahayu mengatakan, JO antara CRBC, PT WIKA, dan PT PP sebagai pelaksana pembangunan Jalan Tol Solo-Kertosono terdaftar sebagai salah satu wajib pajak di KPP Pratama Pare.

Baca Juga :   Grebek Pesta Narkoba, Polisi Gadungan Dibekuk

“Sekitar Januari 2017, JO CRBC-PT WIKA-PT PP mengajukan adanya restitusi pajak (pengembalian atas kelebihan pembayaran) untuk tahun 2016 ke KPP Pare,” kata Asep.

Dikatakan pula, bahwa AR ditunjuk sebagai salah satu dari tim pemeriksa dengan posisi supervisor untuk melakukan pemeriksaan restitusi pajak dari JO CRBC-PT WIKA-PT PP dalam rangka menguji kepatuhan pemenuhan kewajiban perpajakan.

Berikutnya, sekitar Agustus 2017, KPP Pratama Pare menerbitkan surat pemberitahuan pada JO CRBC-PT WIKA-PT PP untuk diperiksa lapangan oleh tim pemeriksa pajak. HALAMAN SELANJUTNYA>>





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Timsus Bakal Ekspos Tersangka Baru Pembunuh Brigadir J

Jakarta, KoranSN Kepala Bareskrim Polri, Komjen Pol Agus Andrianto menyebutkan terkait adanya tersangka baru dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.