KPU Lubuklinggau Musnahkan 2,2 Ton Eks Surat Suara



Suasana Pemusnahan eks Surara Suara oleh KPUD Kota Lubuklinggau. (foto-rifat/koransn.com)

Lubuklinggau, KoranSN

Sebanyak 2,2 ton eks surat suara dimusnahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lubuklinggau, Senin (16/10/2017) dengan cara dibakar di tanah kosong depan eks kantor Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Lubuklinggau.

Eks surat suara yang dimusnahkan itu merupakan surat suara dari 2004 sampai 2014, yakni surat suara eks pemilihan Walikota, Gubernur, Legislatif dan Presiden. Masing-masing surat suara eks pemilihan anggota legislatif tahun 2009 berjumlah 12.997 Kg, eks surat suara pemilihan anggota legislatif tahun 2014 jumlah 12.360 Kg.

Lalu eks surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2009 jumlah 436 Kg. Eks surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014 jumlah 474 Kg, eks surat suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2008, seberat 265 Kg, eks surat suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2013 berjumlah 304 Kg.

Kemudian eks surat suara pemilihan Walikota dan Wakil Walikota 2008 jumlah 920 Kg. Terakhir yakni eks surat suara pemilihan Walikota dan Wakil Walikota 2013 berjumlah 750 Kg.

“Pemusnahan eks surat suara dengan total jumlah 2,2 ton dari tahun 2004 sampai 2014 baik Walikota, Gubernur, Legislatif dan Presiden,” kata Ketua KPU Lubuklinggau, Efriadi Suhendri didampingi komisioner KPUD Kota Lubuklinggau lainnya, Debi Eryanto, Gatot Wijanarko, Lukman Hakim dan Efrizal kepada awak media usai acara pemusnahkan eks surat suara di halaman eks kantor DKP Kota Lubuklinggau Kelurahan Petanang, Senin (16/10/2017) sore.

Baca Juga :   Danau Biru Potensial Menghasilkan PAD

Menurut Eef, sapaan sehari-hari Efriadi Suhendri, eks surat suara itu diambil dari dua gudang KPU. Pihaknya telah mendapatkan surat izin dari arsip nasional untuk melaksanakan pemusnahan eks surat suara tersebut.

Pemusnahan disaksikan perwakilan pihak Polres Lubuklinggau, Kejari Lubuklinggau dan Wakil Walikota (Wawako) Lubuklinggau, Sulaiman Kohar.

Dalam kesempatan itu, Wawako Lubuklinggau, Sulaiman Kohar mengatakan pemusnahan dokumen beberapa tahun yang lalu itu secara aturan sudah memenuhi syarat dan ketentuan.

“Secara aturan ini memenuhi syarat yang ditentukan,” ujarnya. (rif)



Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Pj Bupati Resmikan PLTS Irigasi Desa Muara Lawai

Muara Enim, KoranSN Pj Bupati Muara Enim Dr H Ahmad Rizali MA meresmikan operasional Pembangkit …

error: Content is protected !!