KPU Muratara Kukuhkan 55 Orang Relasi untuk Pemilu 2019

Ketua KPU Muratara sedang mengukuhkan 55 Relawan Demokrasi atau Relasi. (Foto-Sunardi/koranSN)

Muratara, KoranSN

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mengukuhkan sebanyak 55 orang Relawan Demokrasi (Relasi) untuk pemilu tahun 2019, Selasa (29/1/2019).

Pengukuhan tersebut berlangsung di ruang VIP Rumah Makan Sederhana Kelurahan Muara Rupit, Kecamatan Rupit sekaligus bimbingan teknis (Bimtek) oleh Ketua KPU Muratara Agus Mariyanto.

Acara dihadiri juga oleh komisioner KPU lainnya seperti Handoko, Heriyanto, Neti Herawati, Ardiyanto, Asisten 3 Pemkab Muratara Sudartoni, Ketua Bawaslu Kabupaten Muratara Munawir, dan perwakilan dari Kesbangpol Muratara.

Ketua KPU Muratara Agus Mariyanto mengatakan, Relawan Demokrasi merupakan salah satu program nasional yang digalakkan KPU RI.

Tampak seluruh komisioner KPU Muratara, Ketua Bawaslu Muratara sedang mendengarkan sambutan dari Asisten 3 pemkab Muratara.

“Jadi seluruh kabupaten/kota di Indonesia, KPU nya membentuk Relasi dengan jumlah 55 orang, dan 55 orang itu terkonsentrasi di 11 pase,” terang Agus.

Lanjuta Agus, tujuan dibentuknya Relasi adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pemilih di Kabupaten Muratara, salah satu yang menjadi target nasional pada pemilihan umum tahun 2019 terutama pada pemilihan presiden dan wakil presiden.

Baca Juga :   9 Tim Ikuti Kompetisi U-21

“Target yang harus dicapai adalah 77,5 persen pemilih dengan total DPT atau pengguna hak pilih yang ada di Kabupaten Muratara, sehingga teman-teman Relasi adalah bagian yang sangat penting yang kami libatkan. Kami yakin dari 55 orang ini tidak terlibat dalam partai politik dan tidak menjadi bagian dari tim sukses caleg serta tidak menjadi bagian relasi dari mereka,” ujarnya.

Anggota Relasi sambung Agus Mariyanto, jangan melihat pekerjaan sampingan saja selama tiga bulan kedepan, tapi lihatlah dari 55 orang ini akan mendatangi warga sebanyak mungkin apakah mereka sudah tercatat di dalam daftar pemilih tetap (DPT), apakah mereka warga pendatang dari luar daerah Kabupaten Muratara atau mereka merupakan dari anggota TNI dan Polri dan sebagainya agar mereka tidak menggunakan hak pilihnya nanti.

“Bila teman-teman satu orang saja mendatangi 100 orang dalam satu bulan yang dia tercatat dalam DPT, maka kita kalikan saja misalnya 5 berapa orang yang mendatangi mereka. Berarti sudah berapa banyak orang yang akan menggunakan hak pilihnya,” ungkapnya.

Baca Juga :   Cari Solusi Sengketa Lahan SDN 2 Noman, Warga Datangi Gedung DPRD Muratara

Sementara itu, Bupati Muratara HM Syarif Hidayat yang diwakili oleh Asisten 3 Pemkab Muratara, Sudartoni mengatakan, atas nama pribadi dan pemkab Muratara mengucapkan selamat kepada relawan demokrasi yang baru saja dikukuhkan.

“Selamat melaksanakan tugas, ikuti apa uraian tugasnya. Kita pernah mendengar dan pernah membaca ungkapan dari Bung Karno mengatakan sepuluh orang tua hanya bisa bermimpi tetapi satu pemuda bisa mengguncangkan dunia,” ucapnya.

Di tempat yang sama, salah satu anggota Relasi yang baru saja dilantik, Susanto mengatakan dengan adanya Bimtek ini, pihaknya berharap agar bisa memperlancar tugas mereka sebagai Relawan Demokrasi.

“Sebagai Relasi, insyaallah kami akan menjalankan mandat dari KPU, artinya agenda dari Relasi sudah disiapkan oleh KPU, agenda tersebut tergantung dari divisi masing-masing,” tutupnya. (snd)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Sekda Pimpin Rakor Forsesdasi, Mantapkan Program Kerja TA 2021

Palembang, KoranSN Mengawali Tahun Kerja 2021 Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sekaligus Ketua Dewan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.