KPU OKI Dampingi PPDP Mencoklit



Bupati OKI, H Iskandar SE menunjukkan bukti pendaftaran (form A.A. 1-KWK). (foto-maniso/koransn.com)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mendampingi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dalam mencoklit atau mencocokkan dan meneliti daftar pemilih untuk Pilkada serentak 27 Juni 2018.

Pencocokkan dan penelitian (Coklit) daftar pemilih ini dilakukan PPDP se-OKI mulai 20 Januari hingga 18 Februari dan serentak se-Indonesia. Actionnya, PPDP mendatangi setiap rumah warga untuk mencoklit. Diharapkan, warga menyiapkan KTP, KK atau Suket dari Disdukcapil.

Ketua KPU OKI Dedi Irawan SIP MSi didampingi Sekretaris KPU OKI Dra Dirta Sarina MM kemarin mengatakan, PPDP merupakan gabungan anggota PPS, PPK, KPU, Panwaslu, Disdukcapil dan perangkat desa/lurah yang tugasnya mendatangi setiap rumah pemilih, mencentang data pemilih bila cocok pada kolom keterangan form A-KWK.

Baca Juga :   Edison dalam Jadwal Pemanggilan Kejari Palembang Terkait Dugaan Korupsi Sertifikat Tanah PTSL 2019 BPN Palembang
Tak ketinggalan, Wabup OKI, HM Rifa’i SE juga menunjukkan form bukti pendaftaran.

“Memperbaiki data pemilih bila tidak cocok, mencoret data pemilih yang tidak memenuhi syarat, mencatat pemilih yang belum terdaftar, memberikan tanda bukti pendaftaran, mengisi dan menempel stiker per KK di depan rumah. Semuanya itu dilakukan di form A-KWK, A.A-KWK, A.A.1-KWK,” jelas Dedi.

Kata Dedi pula, sesuai instruksi dari KPU pusat, Coklit perdana dilakukan kepada tokoh, selebritis atau pejabat. KPU OKI mengindahkan instruksi itu dengan mendahulukan pencoklitan kepada keluarga Bupati OKI H Iskandar SE, apalagi Iskandar merupakan Balonbup OKI yang akan berkontestan pada Pilkada.

Bukti netralitas, KPU OKI juga mendampingi PPDP mencoklit di rumah salah satu Balonwabup OKI.

“Kami juga melakukan Coklit kepada Balonbup/Balonwabup lain, tapi di hari perdana mencoklit mereka berhalangan. Ada juga Balonwabup OKI yang ber-KTP Jakarta dan Palembang. Petugas PPDP di OKI berjumlah 1.835 orang untuk disebar di seluruh desa/kelurahan,” rincinya.

Baca Juga :   Wako Kukuhkan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat

Selain mencoklit, peran lain PPDP juga mensosialisasikan Pilkada dan pendidikan pemilih berbasis keluarga. Metode sosialisasi dilakukan dor to dor menyebarluaskan informasi Pilkada 2018 kepada setiap keluarga pada saat mencoklit. Gerakan mencoklit serentak ini rencananya akan dicatat ke dalam rekor MURI.

Bupati OKI berharap peran serta masyarakat dalam mendukung Coklit sehingga kinerja PPDP bisa maksimal dan nantinya menghasilkan data yang valid. “Masyarakat juga nantinya harus menggunakan hak pilih, karena kualitas Pilkada diukur dari tingkat partisipasi masyarakat,” ujarnya. (iso)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kejaksaan Negeri Lahat Tahan Enam Tersangka Dugaan Pengrusakan Secara Bersama-sama

Lahat, KoranSN Proses hukum ke enam tersangka dugaan kasus pengrusakan yang dilakukan secara bersama-sama berujung …

    error: Content is protected !!