KPU: Rendahnya Penggunaan Kampanye Daring Jadi Evaluasi Bersama



Komisioner KPU RI Ilham Saputra.(foto-antara)

Jakarta, KoranSN

Komisi Pemilihan Umum mengingatkan rendahnya penggunaan media dalam jaringan (daring) sebagai metode kampanye Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020 dapat menjadi evaluasi bersama.

Pelaksana Harian Ketua KPU RI Ilham Saputra di Jakarta, Rabu (21/10), mengatakan dari laporan yang diterima hanya 23 persen pasangan calon (paslon) yang menggunakan media daring atau media sosial untuk berkampanye, dan 77 persen pasangan calon masih menggunakan pertemuan tatap muka.

“77 persen paslon masih menggunakan cara-cara lama dengan pertemuan langsung tatap muka. Nah ini tentu saja menjadi evaluasi kita bersama kampanye daring ini masih dipertanyakan efektivitas-nya,” ucap Ilham.

Baca Juga :   AHY Beri Kuliah Umum di Universitas Malikussaleh, Rektor: Mahasiswa Ingin Sosok Muda Inspiratif

Ilham menyampaikan bahwa kemungkinan metode kampanye daring terutama jarang digunakan oleh pasangan calon oleh karena beberapa alasan.

“Yang metode daring, bukan media sosial, kalau media sosial sudah dilakukan sejak media sosial marak di Indonesia, tapi metode daring masih jarang digunakan,” ungkap-nya.

Kemungkinan alasan tidak digunakannya kampanye daring kata dia bisa saja karena dengan belum familiar-nya masyarakat di daerah tertentu untuk menggunakan atau mengikuti kampanye tersebut.

Kemudian, kata Ilham hai itu juga disebabkan karena sebagai pengalaman baru bagi pasangan calon untuk menggunakan media daring dalam berkampanye.

Baca Juga :   KPU Kepri: Pendaftaran Calon Peserta Pemilu 2024 Tersentralisasi

“Nah kemudian mungkin pengalaman-pengalaman pilkada sebelumnya juga ini masih melakukan kampanye yang diatur dalam undang-undang 10 tahun 2016 atau undang-undang pilkada, ada bazar rapat umum, sehingga masyarakat langsung tahu siapa calonnya,” ujarnya. HALAMAN SELANJUTNYA >>







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Keluarga Belum Terima Informasi Baru Soal Anak Ridwan Kamil

Bandung, KoranSN Keluarga belum menerima informasi terbaru mengenai anak pertama Gubernur Jawa Barat M Ridwan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.