KPU Sumsel Diminta Supervisi KPU Muba

Kemas Khairul Mukhlis.
Kemas Khairul Mukhlis.

Palembang, KoranSN

Direktur Lintas Politika Kemas Khairul Mukhlis meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel segera melakukan supervisi ke KPU Musi Banyuasin (Muba) menyusul keluarnya penetapan eksekusi PTUN Palembang tertanggal 8 Mei 2016 lalu.

Dikatakannya, dalam penetapan yang memperkuat putusan Mahkamah Agung nomor putusan 401/K/TUN/2015 tersebut, memutuskan bahwa pemberhentian anggota KPU Muba yang lama oleh DKPP dinyatakan dicabut berdasarkan putusan  pengadilan.

“Negara kita ini negara hukum, maka dari itu, sebagai lembaga negara KPU (Sumsel) harus menghormati keputusan itu, dengan mengembalikan anggota KPU Muba atas nama Rustam Effendi, dkk untuk memangku jabatan komisioner KPU Muba, dan komisioner KPU Muba saat ini, diminta legowo untuk meletakkan jabatannya,” ujar Mukhlis, Sabtu (15/10/2016).

Baca Juga :   Zulhas Target Prabowo-Sandi Menang ‘Tebal’ di Sumsel

Menurut Mukhlis, putusan ini tidak membutuhkan lagi keputusan lebih lanjut. Artinya, penetapan eksekusi ini sudah bersifat otomatis dan mengikat, tidak perlu proses lagi.

“Yang pasti dengan keluarnya putusan ini, anggota KPU yang lama meneruskan jabatannya dan kembali bekerja sebagai anggota KPU,” ungkap mantan Ketua KPU Palembang ini.

Hormati Mekanisme Hukum yang Berlaku

Terpisah, Komisioner KPU Sumsel, Ahmad Naafi SH MKn mempersilakan Lintas Politik mempelajari lagi perintah Mahkamah Agung (MA).  Menurutnya, dalam putusan tersebut,  tidak ada perintah untuk mengembalikan hak mereka untuk jadi komisioner karena sudah dinyatakan bersalah secara etik.

Baca Juga :   Media Tak Kritis Pengaruhi Banyaknya Kasus Korupsi Kepala Daerah

“Biarlah mekanisme hukum administrasi negara yang berlaku untuk melaksanakan putusan MA. Bukan melalui desakan seperti ini. Hormatilah mekanisme hukum yang berlaku,” tandasnya. (awj)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Pilkada Serentak di Sumsel: OI, Mura dan Muratara Jadi Konsentrasi PDIP

Palembang, KoranSN Menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.