KPU Targetkan Materi Debat Capres-Cawapres Selesai Desember

Wahyu Setiawan. (foto-net/detiknews.com)

Jakarta, KoranSN

KPU mentargetkan akan merampungkan materi debat capres dan cawapres pada Desember 2018. Materi yang akan dipilih adalah mewakili isu besar di Indonesia.

“Persiapan-persiapan (debat capres-cawapres) itu akan kita rampungkan pada Desember, sehingga pada Januari kita sudah siap melakukan debat,” kata komisioner KPU Wahyu Setiawan, di Jl Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (26/11/2018).

Wahyu menyebut persiapan yang saat ini dilakukan oleh KPU adalah mengidentifikasi isu-isu utama mulai dari isu pertahanan keamanan negara hingga isu internasional yang berkembang. Selain itu, KPU juga saat ini tengah melakukan identifikasi terhadap pakar ilmu untuk dijadikan tim materi debat.

“Persiapan yang sedang dan akan dilakukan, yang pertama kita melakukan identifikasi isu-isu utama. Mulai dari isu hankam sampai isu lain seperti korupsi, lingkungan hidup, perdagangan manusia, narkoba, lalu radikalisme, terorisme, internasional dan isu-isu lain,” jelas Wahyu.

Baca Juga :   Ketua Panwaslu Terjaring OTT, Polri: Jangan Coba-coba Curang

“Berikutnya kita sedang melakukan identifikasi terhadap pakar-pakar yang nanti kita minta bantuan sebagai tim perumus,” sambungnya.

Selain itu, dia juga mengatakan KPU saat ini juga telah mencari beberapa panelis untuk setiap debat yang diselenggarakan lima kali. Rencananya Rabu (28/11/2018) lusa, KPU juga akan mengundang perwakilan dari media untuk mensosialisasikan penayangan waktu debat capres-cawapres.

KPU juga masih merundingkan tempat di mana debat akan berlangsung.

“Kita pada tanggal 28 besok kita akan mengundang dan bertemu dengan jajaran media karena terkait dengan penyiaran debat capres cawapres, kemudian kita akan membahas tempat debat capres cawapres, apakah itu akan dilakukan semuanya di Jakarta atau di daerah lain, nanti akan kita pertimbangkan secara teknis yang memungkinkan itu akan di mana, banyak yang menginginkan di Papua, Aceh, tetapi kita sedang mempertimbangkan secara teknis itu memungkinkan atau tidak,” tutur dia.

Baca Juga :   Asap Makin Pekat, Penderita Ispa Meningkat

Debat sendiri akan digelar sebanyak lima kali, dan dimulai pada Januari dan berakhir di 13 April 2019.

“Debat tidak setiap bulan, Januari sampai April kan empat bulan. Jadi ada satu bulan yang dilakukan dua kali, Januari 1 kali, Februari satu kali, Maretnya dua kali, Aprilnya satu kali, karena kan Aprilnya tanggal 13 itu awal bulan,” pungkasnya. (detikcom)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Libur Panjang Picu Kenaikan COVID-19 Jika Masyarakat Tak Disiplin

Banjarmasin, KoranSN Anggota Tim Pakar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk Percepatan Penanganan COVID-19 Hidayatullah Muttaqin …