KTNA Muara Enim Fokus Perbaiki Kesejahteraan Petani



Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Periode 2019-2024 di Balai Agung Serasan Sekundang Muara Enim. (foto-yudi/koransn)

Muara Enim, KoranSN

Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Muara Enim, Sunarwan mengatakan, Kontak Tani Nelayan Andalan Muara Enim akan melakukan gebrakan baru terhadap perbaikan serta peningkatan derajat kesejahteraan petani dan nelayan yang ada di kabupaten Muara Enim.

Dia berharap kepada pemerintah daerah agar mampu membantu petani dan nelayan dalam meningkatkan kesejahteraannya dengan cara memberikan bantuaan berupa bibit, alat pertanian, pakan, hingga subsidi pupuk bagi masyarakat petani dan nelayan yang ada di kabupaten Muara Enim.

“Petani dan nelayan saat ini berharap bagaimana dapat meningkatkan hasil produksi dan mampu meningkatkan derajat kesejahteraan. Jadi yang diinginkan petani adalah bantuaan berupa bibit, alat pertanian, pakan, hingga subsidi pupuk,”kata Sunarwan kepada awak media kemarin.

Baca Juga :   Mogok Kerja, Buruh PT GON Ngadu ke Komisi IV DPRD OI

Selain itu yang tak kala penting lagi lanjut Sunarwan, pembentukan Korporasi petani dan nelayan diantaranya pembentukan koperasi atupun unit-unit kelompok tani yang mampu menampung hasil pertanian dan nelayan, sehingga harga dapat dikontrol dan akan terhindar dari para tengkulak yang nakal.

“Jadi, dukungan dari pemerintah sangat diharapkan dalam bentuk perizinan, pembentukan koperasi ataupun unit-unit kelompok tani dan nelayan yang mampu membeli dan menjualkan hasil pertanian dan nelayan yang nantinya bisa menekan harga dipasaran hingga teraturnya pangsa pasar komuditi pertanian dan perikanan,”pintanya.

Sementara itu Ketua Dewan Penasehat KTNA Muara Enim Faizal Anwar, SE yang juga anggota DPRD Muara Enim dari Fraksi PAN, berkomitmen dari awal menjadi anggota DPRD hingga sekarang, untuk memajukan serta memperjuangkan nasib petani dan nelayan agar kesejahteraannya dapat lebih meningkat.

Baca Juga :   HUT RI ke-74, Polres Mura Gelar Pelayanan SIM Gratis

Kemudian, meningkatkan produktifitas pertanian dengan mendorong pemerintah memberikan berbagai bentuk bantuaan dan latihan terhadap para petani, peternak, dan nelayan.

“Pertanian telah menghidupi banyak masyarakat di kabupaten Muara Enim, bukan sekadar antara petani dan pedagang, tapi juga menyediakan lapangan kerja di bidang pertanian. Tentu ini menjadi salah satu perhatian utama kita di legeslatif,”ungkap Faizal. (yud)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Bupati OKU Timur Hadiri Penandatangan MoU Pencegahan Perkawinan Anak

Martapura, KoranSN Bupati OKU Timur H Lanosin ST menginstruksikan kepada OPD terkait agar pernikahan anak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.